Pilgub Berakhir, Bawaslu dan KPU Kaltara Gelar Rapat Evaluasi Bersama Stakeholder

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 telah usai. Dengan demikian, seluruh tahapan Pilkada tuntas dilaksanakan.

Begitu juga di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang dikuti empat kabupaten dan satu provinsi. Yakni Pilkada Bulungan, Nunukan, Malinau, Tana Tidung, dan pemilihan gubernur (Pilgub) Kaltara.

Pilgub Kaltara diikuti tiga pasangan calon (paslon). Yaitu paslon Udin Hianggio-Undunsyah, Irianto Lambrie-Irwan Sabri, dan Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP.

Hasilnya, Pilgub Kaltara dimenangkan oleh paslon nomor urut 3 yakni Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP dengan total perolehan 47.311 suara.

Disusul paslon nomor urut 2 Irianto Lambrie-Irwan 26.549 suara dan 23.043 suara yang dikantongi paslon nomor urut 1 Udin Hianggio-Undunsyah.

Kendati telah berakhir, pelaksanaan Pilgub Kaltara menjadi catatan penting bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltara serta stakeholder lainnya. Termasuk KPU Kaltara selaku penyelenggara.

Hal tersebut dirapatkan dalam agenda rapat evaluasi pengawasan Pilgub Kaltara bersama Bawaslu dan KPU Kaltara, di salah satu hotel di Tarakan, Kamis (7/1/2021).

Rapat evaluasi itu juga diikuti sejumlah akedemisi Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan (UBT), perwakilan penyidik sentra Gakumdu Polres Tarakan, Panwascam, PPK dan PDK se-kota Tarakan. (kyt)

Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here