Jalan di Depan 613 Mulai Diperbaki Pemkot

Wali Kota Tarakan dr Khairul bersama instansi terkait saat meninjau perbaikan jalan Aki Balak yang rusak di depan Raja Alam 613. (Foto: Humas Pemkot Tarakan)

KAYANTARA.COM, TARAKAN — Mulai tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan merealisasikan perbaikan di Jalan Aki Balak, tepatnya di depan Markas Komando Batalyon Infantri (Yonif) Rider 613/Raja Alam.

Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul M.Kes juga melakukan peninjauan langsung pengerjaannya pada Sabtu (11/7).

Tahap awal perbaikan tersebut berupa penanganan banjir dengan membuat drainase, “(pembangunan drainase) satu paket dengan penanganan banjirnya itu. Karena kalau tidak, maka nanti (jika) dibangun jalannya, hancur lagi. Jadi penahan pasir dulu yang kita buat,” ujar Wali Kota.

Dengan dibangunnya drainase, menurut wali kota, pasir yang turun nantinya akan masuk ke parit yang dibuat Pemerintah Kota Tarakan dengan agar besar dan dalam. Sehingga jika selesai hujan, pasirnya bisa dikeruk.

Dengan kata lain, drainase tersebut selain menjadi wadah mengalirkan air, juga menjadi tempat menampung pasir. Karena menurut wali kota, pasir di sekitar wilayah itu akan turun terus kecuali sudah habis.

“Seperti penampunglah, tapi penampungnya panjang dari ujung ke ujung,” bebernya. Jika sudah aman, barulah Pemerintah Kota Tarakan melanjutkan dengan perbaikan jalan. Pengerjaan jalan sebenarnya sudah dimulai juga tahun ini berupa pengerjaan agregat. Sedangkan untuk pengaspalan menunggu rampungnya perbaikan drainase.” Untuk penganggarannya, Wali Kota menyebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tarakan. (hms/pri)

Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here