Dibuka Jokowi, Pj Walikota Tarakan Hadiri Rakernas XVI Apeksi di Balikpapan

KAYANTARA.COM, BALIKPAPAN – Penjabat (Pj) Walikota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang berlangsung di BSCC Dome Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, didampingi Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, mengucapkan selamat datang kepada para peserta yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Apeksi, Eri Cahyadi.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pada tahun 2045, diperkirakan 70 persen penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan, yang mengakibatkan beban kota menjadi sangat berat.

“Rencana kota secara detail harus dimiliki di seluruh Indonesia sehingga kita tidak memiliki kota yang mencekam karena penganggurannya banyak. Semua kota harus menciptakan kota yang nyaman dan aman untuk ditinggali,” kata Presiden.

Presiden juga menambahkan bahwa kota masa depan haruslah ramah lingkungan, nyaman, serta aman. Kota-kota harus menjadi tempat yang hijau dan ramah untuk pejalan kaki serta pesepeda, sehingga memberikan kenyamanan bagi seluruh warganya.

Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan paparan dari Kementerian Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian. (adv)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here