Hasil Tracing di RSUD Tarakan, 73 Tenaga Medis Disebut Terpapar

RSUD Tarakan (Foto: Dok Kayantara.com)

KAYANTARA.COM,TARAKAN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tarakan menyampaikan telah melakukan tracing kontak pada pasien terkonfirmasi positif di RSUD Tarakan.

“Hasil tracing di RSUD Tarakan didapatkan 73 tenaga medis terpapar,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tarakan, dr Devy Ika Indriarti, dalam press releasenya, Jumat (1/5/2020).

Sementara sebanyak 35 tenaga medis dinyatakan memiliki risiko paling besar. Sehingga harus dilakukan pengambilan swab guna pemeriksaan di laboratorium rujukan.

Dia menambahkan semua tenaga medis hasil tracing telah dilakukan Rapid Diasnogtic Test (RDT). Hasilnya, sebanyak 73 tenaga medis di rumah sakit milik provinsi Kaltara ini terkonfirmasi negatif.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang dokter atau tenaga medis di Kota Tarakan dikabarkan terkonfirmasi positif COVID-19 Tarakan.

“Satu pasien positif tersebut merupakan seorang tenaga medis yang bertugas di IGD RSUD Tarakan berinisial dr. AA berjenis kelamin laki-laki yang berusia 27 tahun, dan berdomisili di Kelurahan Sebengkok,” ungkapnya.

Devy menuturkan, tenaga medis tersebut awalnya terkonfirmasi negatif berdasarkan rapid test. “Awalnya pasien memiliki keluhan menuju gejala COVID-19, sehingga pasien melakukan isolasi mandiri dan dilakukan uji swab di BBLK Surabaya, kemudian hasilnya terkonfirmasi positif,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, dr. AA pernah melakukan kontak erat dengan salah satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang berobat di RUSD Tarakan, dan tidak memiliki riwayat perjalanan.

“Saat ini pasien tersebut sedang dilakukan tracing oleh petugas kesehatan dengan tenaga medis lainnya yang memiliki kontak erat dengan AA,” terangnya. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



2 KOMENTAR

  1. Minum air sirih capur serei..
    pecya gk pecya.. coba di RS pakai irisan bawang merah letak di setiap sudut ruangan.. semoga gk terpapar

  2. Minum air sirih capur serei..
    pecya gk pecya.. coba di RS pakai irisan bawang merah letak di setiap sudut ruangan.. semoga gk terpapar Amin🙏🙏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here