Masjid Al Jabariah Sembelih 8 Ekor Hewan Kurban, Tahun Depan Ditargetkan 10 Sapi

Tampak proses pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Al Jabariah Lingkas Ujung Tarakan Timur, tadi pagi. (Foto: Mansyur/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, Tarakan – Takmir Masjid Al-Jabariah, Kelurahan Lingkas Ujung, Kecamatan Tarakan Timur tepatnya di belakang Kantor Bea Cukai, menyembelih delapan ekor hewan kurban, terdiri dari lima sapi dan tiga ekor kambing, Senin (17/6/2024).

Lima sapi dan tiga ekor kambing ini disembelih usai pelaksanaan salat Idul Adha 1445 Hijriyah.

“Tahun ini Takmir Masjid Al-Jabariah kembali mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk melakukan penyembelihan hewan kurban. Ada lima ekor sapi dan tiga kambing yang disembelih,” kata Ketua Takmir Masjid Al-Jabariah Lingkas Ujung, Rustan.

Menurut Rustan, daging kurban yang berhasil dihimpun oleh takmir dibagikan kepada mustahik atau orang yang berhak menerimanya yang ada di wilayah RT 16 dan RT 08 Lingkas Ujung. Serta shohibul kurban atau orang yang berkurban.

“Mewakili takmir, sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada warga yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami. Mudah-mudahan pahala kurbannya diterima Allah SWT,” ucapnya.

Ucapan terima kasih dan apresiasi yang sama juga disampaikan Dewan Penasehat Masjid Al Jabariah, H.Rusli Jabba. Anggota DPRD Tarakan ini mengharapkan pada Idul Adha tahun depan hewan kurban yang disembelih di Masjid Al Jabariah jumlahnya bisa bertambah, sehingga penerimanya juga ikut bertambah.

“Dengan cara misalnya akan kita terapkan buat warga yang mau kurban tahun depan, bersedia melakukan urunan Rp10 ribu per hari selama setahun. Nah kalau dihitung satu tahun ada 365 hari, berarti satu orang bisa terkumpul sebanyak Rp3.650.000. Kemudian kita masukan dalam satu kelompok yang berjumlah 7 orang,” jelas Rusli Jabba.

“Kalau itu bisa direalisasikan kita targetkan paling sedikit 10 ekor sapi untuk Idul Adha tahun depan, paling banyak 20 ekor,” tambahnya.

Untuk diketahui, sebelum dilakukan penyembelihan hewan kurban, warga RT 16 dan RT 08 melaksanakan salat Idul Adha secara berjamaah. Adapun bertindak sebagai Imam adalah Abdul Salam, dan Khatib Ustaz Syarifuddin. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here