Komoditas Ikan Layang Meningkat, Juni 2024 Kaltara Deflasi

INT

KAYANTARA.COM, Tarakan – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kalimantan Utara menyebutkan fnflasi pada Juni 2024 tetap terjaga pada kisaran target kurang lebih 2,5 persen. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), gabungan tiga Kota IHK Kalimantan Utara tercatat mengalami deflasi sebesar -0,08%(mtm).

Posisi ini lebih rendah dari capaian bulan sebelumnya sebesar 0,11%(mtm). Secara tahunan. inflasi Gabungan 3 (dua) Kota IHK Provinsi Kalimantan Utara sebesar 2,39% (yoy).  “Capaian tersebut lebih rendah dari capaian nasional yang mengalami inflasi sebesar 2,51,” ujar Kepala KPwBI Kaltara, Wahyu Indra Sukma melalui siaran persnya, Selasa (2/7/2024).

Dijelaskan, inflasi gabungan tiga kota IHK di Kaltara didorong oleh Kelompok perikanan terutama pada komoditas ikan layang/ikan benggol (andil 0,05%), komoditas kacang panjang (andil 0,02%), komoditas daging ayam ras (andil 0,02%), komoditas terong (andil 0,02%) dan komoditas kol putih/kubis (andil 0,02%).

Peningkatan pada komoditas ikan layang terjadi karena bencana Hidrometeorologi yang menyebabkan angin Muson Timur dari Australia membuat perairan di Selat Makassar menjadi panas. “Sehingga banyak ikan Layang yang mati mengakibatkan kelangkaan pasokan,” katanya.

Disisi lain, inflasi pada bulan laporan tertahan oleh deflasi pada komoditas beras (andil -0,06%), komoditas bawang merah (andil -0,05%), komoditas ikan tongkol (andil -0,03%), komoditas kangkung (andil -0,03%) dan komoditas jagung manis (andil -0,02%).

Pihaknya menambahkan dalam rangka menjaga tekanan inflasi berada dalam kisaran target inflasi 2024, TPID se-Kaltara secara konsisten terus bersinergi dalam pengendalian inflasi. Beberapa strategi berlandaskan 4K (Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif) yang telah dilaksanakan.

Di antaranya pasar murah dan rapat teknis TPID Nunukan serta Tarakan. Selain itu telah dilaksanakan juga pelatihan budidaya produksi lipat ganda (proliga) cabai merah untuk meningkatkan produktivitas dan digital farming pada sisi hulu di Kota Tarakan.

Kemudian telah melaksanakan tanam perdana metode proliga dan panen bersama di Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Bulungan. Termasuk panen padi program pupuk organik MA-11 pada klaster Padi di Panca Agung Kabupaten Bulungan. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here