Pemprov Kaltara Bersama KemenPAN-RB Gelar Acara Sapa ASN, Dorong Inovasi Pelayanan Publik

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia menggelar acara Sapa ASN (Aparatur Sipil Negara) Kaltara, Jumat (23/8/2024).

Acara ini diadakan secara daring melalui Zoom dan berlangsung di ruang serbaguna Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, Dr. H. Suriansyah, M.A.P., yang mewakili Gubernur Kalimantan Utara, Dr. H Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum.

Mengusung tema “Reformasi Birokrasi dan Inovasi Pelayanan Publik”, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) KemenPAN-RB ke Kaltara. Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas diwakili oleh Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Abdul Hakim, S.Sos., M.Si.

Dalam sambutannya, Sekprov Kaltara menekankan pentingnya inovasi daerah dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik. “Inovasi daerah merupakan salah satu alat untuk mewujudkan Good Governance. Kemajuan suatu daerah sangat ditentukan oleh inovasi yang dilakukan di daerah tersebut,” ujar Suriansyah.

Lebih lanjut, Suriansyah menyebutkan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, inovasi daerah adalah segala bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang bertujuan meningkatkan kinerja pemerintahan daerah.

Ia juga mencontohkan beberapa inovasi pelayanan publik di Kaltara, seperti Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan (Sipelanduk Kilat Smart) dan Program Layanan Dokter Terbang Kalimantan Utara (Prolenteraku). Kedua program ini, menurutnya, telah memberikan pelayanan hingga ke daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan.

Selain itu, Sekprov juga menyoroti tiga isu strategis yang harus menjadi perhatian dalam pembangunan di Kaltara, yaitu kondisi geografis yang menantang, ketahanan pangan yang rentan, serta rendahnya aksesibilitas di wilayah tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas juga melakukan interaksi melalui Zoom dengan beberapa pemerintahan kecamatan dan desa di Kaltara untuk meninjau langsung pelayanan publik di daerah.

Acara Sapa ASN Kaltara ini diharapkan dapat memperkuat komitmen seluruh aparatur sipil negara di Kalimantan Utara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta mendorong inovasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di seluruh wilayah Kaltara. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here