Peringati Hari Pelanggan Nasional, Direksi PT Pelni Sapa Penumpang di Pelabuhan Malundung Tarakan

KAYANTARA.COM, TARAKAN– Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September dirayakan secara khusus oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero). Dengan berbagi keseruan dan kemeriahan bersama penumpang kapal PELNI di dua kota, yaitu di Surabaya, Jawa Timur dan Tarakan, Kalimantan Utara.

Jajaran Direksi PELNI hadir langsung ke pelabuhan di dua kota tersebut untuk menyapa pelanggannya dan menunjukan progres dari transformasi layanan dan bisnis yang dilakukan Perusahaan.

Khusus di Kota Tarakan, Halpelnas dirayakan di ruang terminal penumpang Pelabuhan Malundung, Rabu 4 September 2024, dengan membagikan sejumlah paket sembako kepada sejumlah pelanggan.

Di kesempatan ini, Pelni juga menyampaikan sejumlah transformasi yang telah dilakukan guna memberi pelayanan yang baik dan berkualitas kepada pelanggan.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero), Nuraini Dessy W mengatakan Harpelnas 2024 jadi momentum untuk terus meningkatkan pelayanan. PT Pelni, kata dia, secara berkesinambungan melakukan transformasi sejumlah pelayanan. Salah satunya, menerapkan penyajian makanan satu rasa.

“Kalau dulu kapal A, kokinya orang Jawa rasanya manis. Kemudian di kapal B, orang Sumatera rasanya pedas. Sekarang sudah satu rasa dengan bumbu yang sama,” paparnya.

Bahkan, Pelni telah meraih sertifikasi Hazard Analysis Critical Control Point atau HACCP dari PT Sucofindo (Persero). Sertifikasi tersebut menjadi jaminan bahwa seluruh sajian makanan di atas kapal Pelni telah melalui serangkaian uji mutu yang terbaik sehingga bebas dari bakteri.

Selanjutnya, Pelni telah menyediakan layanan berbayar di atas kapal berupa wifi. Pihaknya menargetkan di tahun 2024, layanan ini sudah bisa diterapkan di semua kapal.

“Sekarang sudah 14 kapal terpasang. Sisanya di bulan ini, 10 kapal akan kami pasang,” tuturnya.

Selain itu, Pelni juga menyediakan layanan moda transportasi bekerjasama dengan DAMRI untuk memudahkan penumpang saat turun dan naik ke kapal.

“Kami juga menambah channel penjualan dan pembayaran tiket melalui aplikasi dan mitra perbankan,” lanjutnya.

Dari sisi fasilitas, kata Nuraini, pihaknya melaksanakan sejumlah renovasi fasilitas seperti toilet dan dapur.

“Kemudian renovasi restoran di atas kapal termasuk Bukit Siguntang yang sudah dilakukan revitalisasi dari dapur, toilet dan fasilitas lainnya di atas kapal,” paparnya.

Diharapkan dengan berbagai perbaikan layanan dan fasilitas dapat membuat pelanggan puas.

“Momentum Halpernas 2024 kami ingin menegaskan komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik. Kami bertekad untuk selalu mendengarkan kebutuhan masyarakat dan bekerja lebih giat agar Pelni menjadi pilihan utama saat berpergian dengan mengutamakan keselamatan dan pelayanan,”tutupnya. (Ife)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here