Masih Terkendali, Inflasi Kaltara Periode Bulanan Terendah se-Kalimantan

KAYANTARA.COM, BALI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kaltara kembali merilis kondisi inflasi periode bulanan. Terbaru periode April 2024, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltara, Seno Indarto, mengatakan sektor menjadi penyumbang inflasi tertinggi bagi provinsi ke-34 ini.

Pada periode tersebut, Provinsi Kaltara mencatat inflasi gabungan tiga daerah mencapai 0,39 persen (mtm). Meliputi Tarakan menyumbang inflasi tertinggi mencapai 0,58 persen. Disusul Nunukan dengan 0,28 persen dan Bulungan dengan 0,03 persen.

Seno Indarto menilai, komoditas angkutan udara masih menjadi penyumbang informasi tertinggi karena saat itu momentum Ramadan dan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yaitu Idulfitri 1445 Hijriah.

“Tiket pesawat mungkin menjadi satu-satunya dan memang kenapa naik? Walaupun di bawah Kaltara. Ini bulan Mei, adanya HBKN, Idulfitri dan bulan puasa,” tutur Seno Indarto dalam paparannya pada acara Capacity Building Wartawan 2024 di Anvaya Resource Bali, Rabu (23/5/2024).

Sementara itu untuk tahunan, inflasi Kaltara tercatat sebesar 2,47 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan inflasi nasional sebesar 0,25 persen (mtm) atau tahunan 3,00 persen (yoy).

Meski demikian, Seno Indatro menilai inflasi Kaltara masih terkendali serta menjadi yang terendah secara bulanan dibandingkan provinsi lainnya di Kalimantan.

Kondisi ini membuat KPwBI Provinsi Kaltara menaruh harapan besar inflasi di provinsi ke-34 ini tetap terkendali hingga akhir tahun yaitu sekitar 2,5±1 persen (yoy).

“Sampai dengan akhir 2024 ini inflasi Kaltara itu diperkirakan tetap mencapai batas rentang target nasional 2,5±1 persen,” harap Seno Indarto. (jkr/kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here