Pantarlih Ditarget Selesai 15 Hari Gunakan e-Coklit

KAYANTARA.COM, Tarakan – Dari 316 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Tarakan, disiapkan sebanyak 629 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang akan melalui Coklit di 4 Kecamatan dengan 20 Kelurahan yang ada di Tarakan.

Komisioner KPU Tarakan, Jumaidah menuturkan setiap TPS memiliki 2 orang Pantarlih. Namun khusus Pulau Sadau dan dua TPS lainnya yang memiliki jumlah pemilih sedikit hanya ditempatkan masing-masing 1 Pantarlih.

“Kalau TPS sudah pasti 316 (belum termasuk di Lapas Tarakan). Insya Allah dengan jumlah Pantarlih yang ada ini bisa bekerja sesuai target untuk menyelesaikan Coklit hingga 24 Juni,” ujarnya, Senin (24/5/2024).

Ia menargetkan sejak dimulainya Coklit hari ini, sudah bisa selesai 15 hari kedepan. Pencocokan data lebih dimudahkan menggunakan aplikasi e-Coklit, sehingga mempercepat penyelesaian progres Coklit.

“Seperti hari ini misalnya Coklitnya dirumah dinas Pj Wali Kota, langsung masuk ke aplikasi kami. Monitoring juga dilakukan, untuk memastikan kendala di lapangan,” imbuhnya.

Melalui aplikasi e-Coklit ini, sekaligus bisa mengakomodir kendala di lapangan dan langsung memanggil PPK dan PPS di lokasi tersebut.

Jika ditemukan masalah pemilik rumah tidak ada pada saat didatangi Pantarlih, ia tegaskan Pantarlih tidak bisa mencoret data jika tidak bertemu langsung. Namun, data tetap ada dengan kode tidak ditemui.

“Ada keterangan tidak ditemui, tetap di mutakhirkan datanya. Kan data itu tetap ada, tinggal dilakukan penyandingan data ganda. Misalnya antar Keluar, Kecamatan dan antar Kota,” bebernya.

Penyandingan data dilakukan untuk memastikan pemilih yang belum ditemui benar berada di Kelurahan tersebut sesuai data Pantarlih, atau sudah pindah ke Kelurahan lain.

Ketika dilakukan penyandingan data dan ditemukan data terbarunya, maka data di alamat sebelumnya akan dicoret.

“Misalnya ternyata data terbarunya ada di Kelurahan C, maka data di Kelurahan A akan kita coret dan dimasukkan ke Kelurahan C dengan melihat tanggal penerbitan KK dan KTP nya,” jelasnya.

PPK dan PPS juga akan turun untuk memastikan data pemilih sudah berubah. “Setelah hasil sinkron, nanti PPK dan PPS pastikan apakah benar sudah pindah di Kelurahan C,” tegasnya. (nrt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here