Digitalisasi dan Ekspor Produk UMKM Dorong Peningkatan Ekonomi Kaltara

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), DR (HC) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara Dr. H. Suriansyah, M.AP menghadiri acara Puncak Karya Kreatif Benuanta (KKB) 2024 bertempat di hanggar Pangkalan Udara (Lanud) Anang Busra, Ahad (11/8) pagi.

Puncak Kegiatan KKB 2024 ini mengusung tema “Sinergi dan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Kaltara melalui UMKM yang Berdaya Saing dan Berorientasi Ekspor” Go! UMKM digital Go! Ekspor” turut menghadirkan stand pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) se-Kaltara.

Pada acara tersebut, Suriansyah turut melakukan peluncuran e-Katalog UMKM Kaltara bersama Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman dan Kepala Departemen Regional Bank Indonesia, Arief Hartawan.

Suriansyah dalam sambutannya menyampaikan peran krusial dan potensi UMKM dalam mendorong perekonomian daerah khususnya di provinsi Kaltara. Hal ini menjadi tuntutan untuk semakin kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi perekonomian lokal.

“UMKM memiliki peran strategis dalam perekonomian daerah, karena selain mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, UMKM berperan dalam pemerataan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi Kaltara serta Pemerintah Daerah, di antaranya penyelenggaraan Kaltara Go ekspor yang memberikan pelatihan pasar global untuk mendorong ekspansi dan ekspor produk UMKM.

Pemprov Kaltara akan terus berupaya mempercepat penyaluran bantuan kepada UMKM di Kaltara dan juga mendorong digitalisasi UMKM sehingga bisa memperluas akses pemasaran serta melalui kebijakan – kebijakan yang berpihak pada pemberdayaan ekonomi lokal.

“Saya berharap sinergi dan dukungan seperti ini dapat terus berlanjut sebagai salah satu langkah kita dalam upaya mewujudkan Kalimantan Utara yang Tangguh, Berubah, Maju dan Sejahtera,” tuntasnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltara, Hj. Rahmawati Zainal, SH, jajaran kepala perangkat daerah lingkungan pemprov Kaltara dan kota Tarakan, para pelaku usaha UMKM, forkopimda dan masyarakat. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here