Pesta Rakyat ‘Juara’ bersama PRI: Dapat Sehatnya, Dapat Hadiahnya

KAYANTARA.COM, TARAKAN – PTPhoenix Resources International (PRI) terus berkolaborasi dan bersinergi dengan multistakeholder di Kelurahan Juata Permai, Kecamatan Tarakan Utara. Momentum peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia misalnya, bersama pihak kelurahan dan Ketua RT se-Juata Permai, PRI kembali menggelar jalan santai dan senam sehat yang diikuti oleh masyarakat setempat, pada Minggu (8/9/2024).

Tak hanya jalan santai dan senam sehat, pabrik bubur kertas itu juga menggelar donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tarakan di area Masjid Baitul Amin RT 21.

Event rutin tahunan program Community Development PRI ini dikemas dalam acara yang bertajuk Pesta Rakyat ‘Juara’ yang dipusatkan di Lapangan RT 21 Komplek Perum PNS Juata Permai. Kata ‘Juara’ sendiri merupakan singkatan dari Juata Permai.

Peserta jalan santai dilepas oleh Lurah Juata Permai, Rika Bulan Karoline, didampingi Camat Tarakan Utara, Syakhril Alamsnyah, perwakilan TNI-Polri dan seluruh Ketua RT yang ada di Kelurahan Juata Permai. Rutenya dimulai dari Jalan Blok A, Jalan PNS, Jalan Blok E dan kembali ke Jalan Blok A sebagai lokasi finish.

Guna memeriahkan rangkaian kegiatan, perusahaan menyediakan berbagai macam hadiah dalam undian dooprize untuk warga yang beruntung. Seperti mesin cuci, lemari es, kompor gas, magic com (penanak nasi), dispenser, setrika, kipas angin, sembako, dan perabotan rumah tangga lainnya. Adapun hadiah utamanya adalah sepeda gunung.

Mewakili 21 RT se-Juata Permai, Ketua RT 21 Rus’an mengatakan acara jalan sehat dan senam bersama ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi dengan perusahaan dan masyarakat.  

“Saya hari ini sangat senang, kita semua bisa berkumpul untuk silaturahmi dengan melakukan jalan sehat dan senam bersama di acara Pesta Rakyat ini, yang menjadi bagian program dari Ketua-Ketua RT di Juata Permai dan tentunya juga perusahaan untuk mengajak masyarakat hidup sehat dan bugar. Dapat sehatnya, dapat pula hadiahnya,” ujarnya. 

UMKM Ketiban Rezeki

ACARA jalan santai, senam sehat dan hiburan rakyat yang bertajuk Pesta Rakyat Juara oleh bersama PRI, menjadi momen menguntungkan bagi para pelaku UMKM. Sebanyak 30-an pedagang terlibat aktif dalam kegiatan ini. Mereka menjajakan berbagai macam jenis dagangannya kepada peserta dan pengunjung.

Sejak pagi, pedagang bermacam kuliner ringan dan minuman diserbu pembeli. Makanan ringan seperti pentol, bakso, gorengan, batagor dan somai serta lainnya laris manis dibeli peserta maupun pengunjung. Begitu juga mainan anak-anak, juga menjadi rebutan di kalangan pengunjung kecil.

Ibu Sri, salah satu pedagang, mengungkapkan rasa syukurnya bisa terlibat dalam acara tersebut. “Alhamdulillah, kami bisa berjualan di sini. Rezeki hari ini cukup banyak,” ujarnya. Pedagang lainnya, Manto, juga menyampaikan bahwa dagangannya habis lebih cepat dibandingkan biasanya. 

Para pedagang berharap acara seperti ini dapat digelar secara rutin. Mereka menyebut kegiatan hiburan rakyat seperti ini membawa berkah, terutama bagi pedagang kecil.

Tentu keterlibatan berbagai pihak, mulai dari masyarakat umum dan pelaku UMKM dalam acara tersebut tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat.  Terlebih lagi, keterlibatan UMKM lokal dalam acara ini merupakan langkah yang sangat tepat untuk mendukung perekonomian lokal. (hms-pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here