Jumbara ke II PMR Kaltara, Gubernur Sampaikan Pentingnya Peran PMR Dalam Semangat Kemanusiaan Wujudkan Indonesia Emas

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR– Gubernur Dr. H. Zainal A. Paliwang,M.Hum diwakili oleh Staf Ahli Bidang Aparatur Pelayanan Publik, Ir. H. Syahrullah Mursalin, M.P., membuka Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Tingkat Provinsi ke-II Tahun 2024 dengan tema “Cerdas, Kreatif dan Responsif” bertempat di Kebun Raya Bundayati, Jumat (14/9).

“Atas nama pribadi, dan pemerintah provinsi, saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen peserta jumbara tingkat provinsi yang ke-II di Kabupaten Bulungan,”ucap Syahrullah membaca sambutan gubernur.

Dirinya berharap agar acara tersebut dapat berjalan dengan baik hingga akhir rangkaian kegiatan, dan semua peserta Jumbara dapat meningkatkan peran aktif sebagai anggota PMR dalam penerapan Tri Bhakti dan sebagai pendidik sebaya, serta meningkatkan kualitas masing-masing peserta mejadi cerdas, kreatif dan inovatif.

“PMR adalah suatu organisasi binaan oleh PMI, yang berpusat di sekolah-sekolah, ataupun kelompok-kelompok masyarakat. PMR ini dibentuk bertujuan membangun dan mengembangkan karakter kepalang menahan agar kita menjadi relawan PMI di masa depan,” tambahnya.

Setiap anggota wajib mendapatkan pelatihan sebelum terlibat dalam kegiatan Tri Bhakti PMR, agar siap menjalankan peran dan fungsinya.

“Setiap sesi pelatihan akan menguatkan serta anggota PMR untuk meningkatkan ketrampilan hidup sehat, dan menjadi calon relawan. Jumbara ini juga mempertemukan seluruh perwakilan anggota PMR Kabupaten dan kota, se-Kaltara untuk bertukar informasi, pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman dalam bentuk perlombaan,” ucap Syahrullah.

Gubernur berpesan agar siapapun yang menjadi juara agar tidak jumawa.

“Jangan jumawa, jangan sok, jangan kumpau kalau bahasa kita. Kemudian yang kalah jangan bersedih ini hanya upaya meningkatkan kompetensi sebagai anggota PMR. Kesempatan meningkatkan kepercayaan diri dan memperkuat nilai kemanusiaan, mampu mengaplikasikan 7 prinsip dalam kehidupan sehari-hari. Sekali lagi saya ucapkan selamat dan semangat serta tingkatkan kesadaran masyarakat pentingnya peran PMR untuk mewujudkan Indonesia Emas,” tutup Syahrullah.


Acara dilanjutkan dengan pelabuhan gong sebanyak 3 kali yang di saksikan langsung oleh Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd., M.Si., selaku tuan rumah, Ketua PMI Kaltara, Ir. H. Syaiful Herman,M.AP., Ketua DPRD Bulungan, Riyanto, Sekda Bulungan yang juga Sekertaris PMI Kaltara, Risdianto, S.Pi., M.Si., unsur pimpinan TNI serta perwakilan Ketua PMI se-Kalimantan Utara. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here