102 Pecatur dari 4 Negara Beradu di Panglima TNI Grand Master 2024 di Tarakan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar turnamen catur bergengsi bertajuk “Panglima TNI Grand Master and Fide Rated International Chess Tournament 2024”.

Turnamen yang digelar memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79 ini diikuti 102 pecatur dari 4 negara ASEAN. Yaitu Indonesia, Filiphina, Vietnam dan Malaysia.

Selain itu, turnamen ini juga diikuti 16 pecatur Grand Master (GM). Di antaranya GM Susanto Megaranto, WGM Dewi Ardhiani Anastasia Citra, WGM Janelle Mae Frayna dari Filiphina dan GM Nguyen Anh Dung dari Vietnam.

Turnamen dimulai sejak Minggu (29/9/2024) di Kayan Multi Function Hall Hotel Tarakan Plaza, Kalimantan Utara. Dibuka oleh Komandan Resort Militer (Korem) 092/Maharajalila, Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan mewakili Panglima TNI Jenderal Agus Subianto.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal Agus Subianto yang dibacakan Danrem 092/Maharajalila, Adek Chandra Kurniawan dijelaskan bahwa turnamen ini merupakan wujud komitmen TNI dalam mendukung prestasi olahraga Tanah Air.

“Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, TNI akan selalu berkomitmen dan berkontribusi serta berperan aktif dalam meningkatkan olahraga nasional melalui berbagai event-event olahraga seperti open turnamen kali ini,” ujar Adek Chandra Kurniawan.

Dijelaskan lebih lanjut tujuan turnamen tersebut dimaksudkan untuk menpererat silatueahmi dan kebersamaan serta meningkatkan prestasi dan sportifitas para atlet prajurit TNI, Polri dan masyarakat sekaligus menjaring atlet-atlet baru berprestasi.

Jenderal TNI bintang satu ini lebih lanjut menjelaskan bahwa sesungguhnya olahraga prestasi adalah aktifitas untuk menghasilkan perubahan menyeluruh baik fisik, mental maupun emosional. Antara lain adalah nilai sportifitas, kerjasama dan percaya pada kekuatan sendiri.

Ditambahkan juga pada HUT TNI ke-79 mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Tema ini mengandung makna bahwa open turnamen akan terbangun open prajurit dan rakyat dengan jiwa yang sehat dan tangguh sehingga tercipta atlet-atlet berprestasi dan atlet dari TNI.

Turnamen ini dibuka dengan langkah perdana yang dilakukan Danrem 092/Maharajalila pada papan antara GM Susanto Megaranto dan GM Nguyen Anh Dung. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here