Perketat Budaya Maritim, Airlangga Hartanto: Tempatkan Laut sebagai Sumber Daya Potensial

Peringatan Hari Nusantara Tahun 2019 yang dipimpin Aslog Kasal, Laksamana Muda TNI Moelyanto, di Lapangan Apel Denma Mabesal, Jakarta Timur, pagi tadi. (Foto: Humas TNI AL untuk Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, JAKARTA- Tempatkan laut sebagai sumber daya yang potensial dan menjadi perekat budaya maritim. Stabilitas dan keamanan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur harus diwujudkan melalui peran aktif seluruh negara di kawasan ini, termasuk Indonesia.

Penekanan tersebut disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dalam amanat tertulis yang dibacakan Asisten Logistik Kasal, Laksamana Muda TNI Moelyanto, M.Si saat memimpin upacara Hari Nusantara Tahun 2019 di Lapangan Apel Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Jumat (13/12).

Hari Nusantara yang kali ini mengusung tema Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju merupakan peringatan yang ke-19, sejak pertama kali diselenggarakan di Jakarta pada 2001 silam. Peringatan ini bertujuan untuk menggaungkan kembali semangat perjuangan para Bapak Bangsa dan pahlawan kita dalam mewujudkan keutuhan NKRI yang pertama kali dicetuskan dalam

“Deklarasi Djoeanda” pada tanggal 13 Desember 1957.”Peringatan hari nusantara merupakan sarana penguat wawasan nusantara dan sarana mengembangkan potensi daerah menjadi destinasi pariwisata nasional maupun internasional,” tegasnya. Kota Pariaman dipilih sebagai tuan rumah peringatan hari nusantara tahun ini yang dipusatkan di Pantai Gandoriah.

“Karena lokasi itu memiliki keindahan alam dan sejarah perjuangan bangsa,” cetusnya. Lanjut dia, pemerintah memberikan perhatian besar bagi kesejahteraan masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir, pulau-pulau terluar dan terpencil melalui konsep pembangunan Indonesia sentris.

“Tujuannya agar rakyat Indonesia yang berada di pinggiran, perbatasan, pulau pulau terdepan, kawasan terisolir merasakan hadirnya negara, merasakan buah pembangunan dan merasa bangga menjadi warga NKRI,” terang Airlangga. Dalam kesempatan itu, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bekerja keras mewujudkan cita cita Indonesia sebagai negara maju dan berkeadilan pada tahun 2045.

“Mari kita jadikan momentum hari nusantara tahun 2019 ini sebagai langkah untuk mempertebal semangat kebhinekaan, dan tetap melaksanakan pembangunan nusantara dalam mengelola wilayah maritim, pesisir hingga perbatasan dan pulau-pulau terluar,” demikian Airlangga.

Turut hadir dalam upacara tersebut, para Wakil Asisten Kasal, Kepala Dinas jajaran Mabesal, serta para Pamen, Pama, Bintara, dan Tamtama serta PNS Mabesal. (*)

Penulis: Humas TNI AL

Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here