Sambut Iraw Adat Tidung Borneo 2020, Warga Binusan Bersih-bersih

Warga Desa Binusan saat membersihkan pekarangan rumah adat Tidung yang akan diresmikan pada Iraw Adat Tidung Borneo Bersatu tahun depan. (Foto: Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, NUNUKAN-Persiapan Iraw Adat Tidung Borneo Bersatu 2020 terus dilakukan. Salah satunya melalui gotong royong membersihkan perkarangan rumah adat Tidung di Desa Binusan Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, Minggu (23/12/19).

Rumah adat Tidung ini akan diresmikan pada Maret 2020. Dari pantauan media ini, mereka menimbun sebagian perkarangan yang berlubang dan berlumpur. Dan membuat saluran air ke drainase bahkan memasang papin.

“Kerja bakti yang kami laksanakan ini adalah untuk pematangan persiapan Iraw Adat Tidung Borneo Bersatu tahun 2020 mendatang,” kata Kepala Desa Binusan, Rudi Hartono.

“Inti dari acara Iraw ini selain peresmian rumah adat, tujuan kita memperat kembali tali silahturahmi antar masyarakat adat Tidung Borneo di Kalimantan Utara (Kaltara),” kata Rudi.

Diketahui, selain dari Kaltara, peresmian rumah adat Tidung pada Irau Adat Tidung Borneo Bersatu juga akan dihadiri masyarakat Tidung dari negara tetangga, seperti Malaysia, Filipina dan Brunei Darussalam.

“Bahkan tamu kehormatan dari DKI Jakarta khususnya masyarakat adat Pulau Tidung,” demikian Rudi. (*)

Reporter: Oktavianus

Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here