Perangi Narkoba Sejak Dini, BNN Beri Edukasi kepada Puluhan Murid SD

BNN Nunukan saat memberi pembekalan tentang narkoba kepada puluhan murid SD Nur Islam Hidayatullah. (Foto: Istimewa)

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Puluhan murid SD Nur Islam Hidayatullah menyambangi Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nunukan. Tujuannya mereka untuk menimbah ilmu pengetahuan tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kegiatan yang digelar pukul 10.00 Wita, Rabu (26/2/2020) ini, para murid dibagi per kelompok. Kemudian diajak berkeliling kantor sambil mempelajari jenis narkoba jenis replika dan ancaman hukumannya.

“Apabila siswa melihat barang tersebut dapat mengenali dan menolaknya. Adik-adik harus berani mengucapkan tidak terhadap narkoba dan peduli terhadap sesama,” jelas Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Murjani Shalat, sebagaimana dalam rilisnya.

Mengenai ancaman hukuman bagi pengedar maupun pemakai narkoba, BNN Nunukan berharap para murid memberanikan diri melaporkannya apabila menemukan penyalahguna atau pengedar narkoba di sekitarnya.

”Jangan takut untuk melapor, karena kepedulian kita dapat menyelamatkan generasi bangsa. Jika takut, minimal lapor ke bapak Ibu guru terlebih dahulu untuk kemudian diteruskan,” imbaunya.

Tak hanya itu, para murid juga diajak melihat secara langsung klinik pratama dengan mengajarkan tentang tahapan test urine serta cara membaca hasil dari alat rapid test.

Termasuk bagaimana cara menangani penyalahguna narkoba yang menjalani pemulihan melalui program rehabilitasi. Tak terkecuali tentang tugas sub bagian umum dalam mendukung operasional BNN Nunukan.

Terakhir, para murid diajak menonton bersama film edukasi tentang narkoba. Di antaranya film pengenalan dasar narkoba, update korban penyalahgunaan narkoba dan animasi ketahanan keluarga untuk menolak narkoba. (*)

Reporter: Oktavianus
Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here