Kaltara Kembali Terima Ribuan APD & Masker untuk Tim Medis

Ribuan APD dan masker yang dibawa pesawat hercules saat tiba di Bandara Juwata Tarakan, siang tadi. (Foto; Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Provinsi Kalimantan Utara kembali menerima bantuan berupa alat pelindung diri (APD) dan masker dari pemerintah pusat.

Bantuan perlengkapan kesehatan tersebut diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU yang mendarat di Bandara Juwata Tarakan, sekira pukul 13.15 Wita, Jumat (10/4/2020).

Totalnya, ada 3000 alat pelindung diri (APD) dan 2000 masker yang akan diperuntukan kepada tim medis dalam menangani kasus Covid-19 yang tersebar di lima kabupaten kota se-Kaltara.

Bantuan ini diterima oleh Dandim 0907 Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto didampingi Direktur RSUD Tarakan dr. Hasbi Hasyim yang selanjutnya diserahkan ke Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara.

“Dari 3000 APD dan 2000 masker ini akan kita distribusikan ke RSUD Tarakan 1000 set, RSU Kota Tarakan (RSUKT) 500, Kabupaten Bulungan 500, Nunukan 500, Malinau 300, dan KTT 200 set,” sebut Kepala BPBD Kaltara Andi Santiaji yang turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Santiaji mengungkapkan saat ini Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara masih memiliki persediaan APD dan masker cadangan di gudang logistik. APD dan masker cadangan itu disiapkan apabila dari sejumlah daerah di Kaltara mengalami kekurangan stok.

Hal senada juga dikatakan Dandim 0907 Tarakan Eko Antoni Chandra Lestianto. Dia menjelaskan pendistribusian APD dan makser akan dilakukan Dinas Kesehatan Kaltara ke semua daerah di Bumi Benuanta.

“Sistem pembagiannya nanti pihak pemprov yang akan mendistribusikan dan membagikannya ke setiap kota maupun kabupaten sesuai prioritas wilayah yang terjangkit Covid-19,” terangnya.

Pihaknya juga menyatakan siap membantu mendistribusikan ribuan APD dan masker tersebut. “Kami siap membantu dalam mendistibusikan APD dan masker apabila dibutuhkan, karena ini merupakan tugas bersama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kaltara,” kata Eko. (*)

Reporter: Supriyadi
Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here