8 Khasiat dan Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Manusia

Jahe, Foto : Alodokter.com

KAYANTARA.COM – Jahe merupakan tanaman obat yang banyak dijumpai di Indonesia. Tumbuhan yang bernama Latin Zingiber officianaleini berbetuk seperti jemari yang memiliki ruas-ruas dan biasanya menggembung dibagian tengahnya. Jahe selama ini dikenal sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh ataupun sebagai obat mengatasi masuk angin.

Sebenarnya tak hanya itu Saja manfaat jahe bagi kesehatan manusia. Inilah beberapa manfaat jahe bagi tubuh manusia :

Meredakan sakit menstruasi

Sakit pada bagian bawah perut saat menstruasi sering dialami setiap wanita, terutama pada hari pertama mens. Minuman jahe dipercaya dapat menghangatkan perut yang sedang sakit tersebut sehingga akan terasa lebih nyaman. Kandungan gingerol pada jahe yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah juga akan membantu darah menstruasi keluar dengan lancar dan teratur. Itulah salah satu manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita.

Mengobati sakit gigi

Salah satu manfaat jahe bagi kesehatan manusia lainnya adalah menyembuhkan sakit gigi. Sakit gigi memang sebuah hal yang menyebalkan karena membuat penderitanya cenat-cenut sepanjang hari merasakan sakit dan tidak bisa beristirahat. Apabila anda mengalami sakit gigi, anda bisa mulai menyeduh minuman jahe karena di dalam jahe terkandung anti jamur dan anti bakteri yang akan memerangi kuman-kuman di gigi.

Obat ampuh morning sickness

Sebagai tanda di awal kehamilan para calon ibu akan mengalami mual, rasa ingin muntah, dan perut kembung. Untuk mencegah agar hal itu tidak terlalu parah, maka minuman jahe dapat diandalkan untuk mengatasinya. Itulah salah satu manfaat jahe bagi tubuh manusia.

Mengobati luka gigitan ular

Salah satu manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita adalah untuk mengobati luka gigitan ular. Menumbuk rimpang jahe dengan diberikan taburan garam dipercaya dapat mengobati luka akibat gigitan ular. Anda bisa menempelkan jahe tersebut pada luka sehingga akan menetralisir racun ular yang ada didalamnya sebagai bentuk pertolongan pertama. Setelah itu bawalah ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih jauh.

Melawan sel kanker

Manfaat jahe bagi kesehatan manusiasalah satunya ialah dapat bersifat anti kanker. Kandungan nutrisi dalam jahejuga berguna untuk membantu mengurangi perkembangan sel kanker dalam tubuh. Terutama kanker ovarium dan kanker usus.

Obat jerawat

Jerawat merupakan problem pada wajah yang menjadi musuh utama bagi penampilan seseorang. Mendengar keluhan tentang jerawat pastinya sudah tak asing lagi untuk anda, dimana sekarang memang penampilan adalah nomor satu.  Namun, tahukah Anda jika ternyata jerawat dapat diobati dengan jahe. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Meryland Medical Center menyebutkan mengkonsumsi jahe maksimal4gr/hari dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Itulah salah satu manfaat jahe bagi kesehatan dan kecantikan.

Membantu metabolisme

Manfaat jahe bagi kesehatan manusia yang lain ialah dapat membantu tubuh dalam proses metabolisme. Sifat jahe yang hangat akan membuat kita berkeringat setelah meminumnya. Keringat itulah yang membawa kotoran keluar dari dalam tubuh. Berkeringat juga menjadi salah satu tanda bahwa seseorang memiliki kesehatan yang baik.

Obat Batuk dan gangguan Tenggorokan

Selain jeruk nipis yang dikenal sebagai obat tradisional untuk meredakan batuk, ternyata jahe juga memiliki khasiat yang sama. Minuman jahe akan terasa hangat pada tenggorokan saat diminum. Apabila anda penderita maagsehingga tidak tahan dengan rasa asam jeruk nipis, ada baiknya anda menggunakan jahe sebagai obat untuk mengatasi masalah pada saat terserang batuk. Tidak hanya hangat ditenggorakan, jahe yang anda minum juga akan terasa hangat dan nyaman di perut. Itulah salah satu manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita.

Nah, itulah sebagian dari manfaat jahe bagi kesehatan manusia. Ternyata banyak sekali ya manfaat jahe yang selama ini tergeletak begitu saja di dapur atau pekarangan rumah Anda. (hallosehat)

Reporter : Hadi

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here