Siap-siap, Besok Listrik PLN Tarakan di 12 Wilayah Ini Padam Lagi

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Bulan April 2020 menjadi kelam bagi sejumlah masyarakat Tarakan di tengah pandemi Covid-19. Persoalannya, pemadaman listrik di beberapa wilayah kerap dilakukan dengan durasi dua hingga empat jam selama bulan April ini.

Terhitung sejak 4 April lalu, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tarakan sudah memadamkan listrik sebanyak tiga kali. Menariknya, pemadaman selalu dilakukan setiap pekan.

Terkahir pada Jumat (17/4) kemarin di tujuh wilayah di Kecamatan Tarakan Barat yang dilakukan sejak pukul 09.00 hingga 11.00 Wita, karena ada pemeliharaan jaringan distribusi SUTM 20 kV pada jalur penyulang Tarakan 04 Gardu Hubung Bhayangkara.

Sementara pemadaman yang kembali akan dilakukan dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 Wita pada Minggu (19/4) besok, di dua belas wilayah.

General Manager PLN UP3 Tarakan Suparje Wardiyono mengatakan, pemadaman tersebut dikarenakan ada pekerjaan pemeliharaan kabel tanah untuk rencana evakuasi daya guna persiapan lahan calon pembangkit PLTMG Gunung Belah berkapasitas 1×18 Mega Watt (MW) lantaran melintasi lahan tersebut.

“Bersamaan dengan hal tersebut juga dilakukan perbaikan kompresor di Stasiun Kompresi Gas Bunyu di Pulau Bunyu untuk pengaturan pengiriman Gas melalui Pipa Gas Bunyu-Tarakan,” jelasnya.

Dia menambahkan, pemeliharaan kabel tanah SKTM 20 kV dalam rangka tahapan persiapan lahan untuk calon pembangkit baru PLTM Gunung Belah 1×18 MW, dan pemeliharaan kompresor di SKG Bunyu untuk mendukung keandalan pasokan gas melalui Pipa Gas Bunyu-Tarakan. Hal tersebut bertujuan untuk tetap menjaga kehandalan dan kontinyuitas penyaluran tenaga listrik.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut dan berupaya menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan jadwal. Pekerjaan ini sebagai dukungan tahapan upaya peningkatan kapasitas pembangkit baru untuk sistem Tarakan,” kata Suparje dalam press releasenya, Jumat (17/4) malam. (*)

Berikut daerah yang mengalami pemadaman sementara karena pemeliharaan pada Minggu 19 April 2020:

– Sebagian Jalan Pangeran Diponegoro,

– Jalan Sebengkok,

– Jalan Selumit Pantai,

– Sebagian Jalan Yos Sudarso,

– Sebagian Jalan KH Agus Salim,

– Jalan Adityawarman,

– Jalan Karangrejo,

– Jalan Karangbalik,

– Jalan Gajahmada,

– Jalan Cenderawasih, dan

– Sebagian Jalan Mulawarman

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here