4 Tambahan Pasien Positif Covid-19 di Tarakan sebelumnya Berstatus OTG & ODP

Press release harian Gugus Tugas Peecepatan Penanganan Covid-19 Tarakan. (Foto: dok)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Penambahan empat kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tarakan berdasarkan data terakhir pada Selasa, (21/4/2020), merupakan klaster jamaah tablig Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Mereka adalah DW (33 tahun), J (24), F (19), dan H (24) yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Dengan demikian, pasien positif Covid-19 di Tarakan bertambah menjadi 27 orang, dari 23 data sebelumnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tarakan dr Devy Ika Indriarti mengatakan, status keempat orang ini sebelumnya merupakan orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pemantauan (ODP).

“Saat ini sudah dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Umum Kota Tarakan (RSU-KT). Dan petugas kesehatan sedang melakukan tracing kepada tambahan pasien Covid-19 tersebut,” katanya.

Dia menerangkan penambahan empat pasien positif Covid-19 itu berdasarkan hasil pemeriksanaan specimen dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya.

Adapun perkembangan kasus Covid-19 untuk pasien dalam pengawasan (PDP) hingga saat ini berjumlah tiga orang. Serta satu orang meninggal, dan dua masih menunggu hasil pemeriksaan swab dari BBLK Surabaya.

Sedangkan ODP berjumlah 198 orang, namun yang masih dilakukan pemantauan oleh Puskesmas sesuai tempat tinggal ODP sebanyak 80 orang, dan 118 dinyatakan sehat yang dibekali surat keterangan.

Sementara OTG hingga saat berjumlah 289 orang. OTG adalah orang yang tidak bergejala namun memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi positif Covid-19.
“Dari 289 orang dilakukan pemantauan sebanyak 177, dan selesai pemantauan 112 orang,” sebutnya.

“Saya berharap masyarakat Tarakan dapat memberikan dukungan moral terhadap pasien ataupun keluarga ODP, PDP, dan OTG,” demikian Devi. (*)

Reporter: Supriyadi

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here