Bantu Tenaga Medis Tangani COVID-19, NasDem Kaltara Berikan APD

Penyerahan bantuan APD dari DPW Partai NasDem Kaltara kepada Ketua IDI Kaltara di RSUD Tarakan, pagi tadi.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Di tengah pandemi COVID-19 yang kini melanda Indonesia termasuk di Kalimantan Utara (Kaltara), tim medis menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien COVID-19.

Namun, saat ini para tenaga medis masih membutuhkan banyak bantuan alat kesehatan seperti alat pelindung diri (APD), masker, sarung tangan, serta cairan disinfektan dan lainnya.

Sebagai bentuk kepedulian dan komitmen untuk membantu sesama di tengah pandemi COVID-19 ini, Partai Nasional Demokrat (NasDem) turut terpanggil untuk menyalurkan bantuan APD kepada para tenaga medis tersebut.

Seperti yang dilakukan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Kaltara di RSUD Tarakan, Jumat (8/5/2020), pagi tadi.

Bantuan 51 set APD kepada para tenaga medis ini diberikan langsung oleh Ketua DPW NasDem Kaltara, dr H. Jusuf Serang Kasim kepada Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kaltara dr. Franky Sientoro.

Sejumlah pengurus Partai NasDem Kaltara turut hadir dalam program nasional guna memutus mata rantai penyebaran virus corona ini. Salah satunya dr Ary Yusnita yang merupakan mantan anggota DPR RI dapil Kaltara.

“Bantuan APD dari pengurus pusat kepada para tenaga medis di daerah yang dilakukan secara serentak seluruh pengurus Partai NasDem di Indonesia, termasuk di Kaltara,” kata Sekretaris DPW Partai NasDem Kaltara, Supa’ad Hadianto, usai ikut memberikan bantuan tersebut.

Anggota DPRD Kaltara ini menerangkan, di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh memerintahkan agar seluruh kader partai baik di tingkat cabang, daerah, wilayah, termasuk jajaran eksekutif dan legislatif untuk bergotong royong membantu masyarakat dan turun langsung ke lapangan.  

Ia menambahkan jumlah APD yang diberikan pengurus pusat ke setiap daerah menyesuaikan kebutuhan para tenaga medis dan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19.

“Contohnya di DKI Jakarta, dia memperoleh bantuan dari DPP lebih besar jumlahnya, begitu juga di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Artinya kasus Covid-19 di sana lebih besar,” urainya.

Usai menerima bantuan APD, Ketua IDI Kaltara dr Franky Sientoro menghaturkan ucapan terima kasih dan apresiasi kepedulian Partai NasDem Kaltara terhadap tenaga medis yang hingga saat ini terus berjuang menyembuhkan pasien positif COVID-19.

”Ini sangat berguna dan bermanfaat bagi kami yang ada di lapangan, khususnya dalam menangani pasien Covid-19,” ucapnya.

Di RSUD Tarakan, sebut Franky, dari 36 pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan di ruang isolasi paling sedikit membutuhkan 60 set APD per hari.

Sementara saat ini, RSUD Tarakan memiliki stok APD sebanyak 600 set. “Sehingga setiap hari kami terus mencari APD yang bisa kami pakai, khususnya dalam pelayanan pasien di ruang isolasi Covid-19,” demikian Franky. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here