Memperlancar Distribusi Uang, BI Kaltara Segera Buka Kas Titipan di Nunukan

Kepala Perwakilan BI Kaltara, Afrizal (Foto: Mansyur/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Utara segera membuka layanan kas titipan di Kabupaten Nunukan, untuk memperlancar distribusi uang di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia.

“Dalam waktu dekat kita akan buka satu lagi kas titipan di Nunukan. Sudah ada persetujuan dari kantor pusat, namun kondisi pandemi ini kita belum bisa meresmikan,” kata Kepala Perwakilan BI Kaltara, Afrizal, belum lama ini.

Kas titipan akan dibuka melalui Bankaltimtara Cabang Nunukan dengan batas maksimum Rp150 miliar uang baru.

Jika wacana ini terealisasi maka dipastikan perbankan khususnya Bankaltimtara Cabang Nunukan tidak perlu lagi repot-repot ke Kantor Perwakilan BI Kaltara di Tarakan untuk mendapatkan uang baru yang disediakan.

“Kas titipan ini adalah uang BI yang dititipkan kepada bank lain dalam hal ini Bankaltimtara, di Tarakan kita sudah buka di Tanjung Selor Bulungan dan Malinau,” jelasnya.

Mebyambut Idulfitri 1441 hijriah tahun ini, beberapa waktu lalu BI Kaltara telah menitipkan kas titipan berupa uang baru di Tanjung Selor dan Malinau.

“Seminggu lalu kita antarkan uang baru kebutuhan untuk puasa dan lebaran di dua kas titipan itu, kembali ke Tarakan kita membawa uang tidak layak edar dari bank tersebut, sehingga uang layak edar selalu terjaga,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk mendukung kelancaran aktivitas masyarakat dalam menyambut lebaran, BI Kaltara menginstruksikan kepada seluruh 35 bank di Kaltara untuk menjaga ketersediaan uang. Khususnya di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Mengenai ketersediaan uang di ATM dari semua bank di Kaltara kami sudah menyurati bank-bank agar tidak ada masalah, terutama saat lebaran dan sesudah lebaran,” demikian Afrizal. (*)

Reporter: Siti Hardiani
Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here