Cegah Penyebaran Covid-19, Basarnas Tarakan Tunda Pembinaan Potensi SAR

Kepala Basarnas Tarakan Amiruddin (Foto: Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau dikenal Basarnas Kota Tarakan memutuskan menunda pelaksanaan program pempinaan potensi SAR (Search And Resque) sepanjang 2020.

“Program pembinaan potensi SAR tahun 2020 kita tiadakan dan akan kembali kita aktifkan pada 2021 mendatang,” kata Kepala Basarnas Tarakan, Amiruddin, Selasa (15/6).

Dijelaskannya, program pembinaan potensi SAR merupakan sebuah program untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan setiap anggota personel SAR yang ada di Kalimantan Utara (Kaltara) dengan berbagai edukasi mulai dari operasi pencarian hingga penyelamatan.

“Pelatihan potensi SAR nantinya akan diberikan edukasi kepada seluruh potensi yang ada dari berbagai unsur seperti TNI-Polri maupun masyarakat dan mahasiswa, khususnya pencinta alam tentang bagaimana cara melakukan penyelamatan,” jelasnya.

Dia menambahkan, program pembinaan potensi bagi anggota SAR yang ada di Kaltara dilakukan karena Basarnas Tarakan merupakan kantor SAR yang baru di Kaltara. Sehingga perlu diadakan program pembinaan potensi agar setiap anggota memiliki kualifikasi tentang bagaimana menjadi seorang anggota penyelamat. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here