BI akan Fasilitasi Pasar Produk UMKM Kaltara Melalui Platform Blibli.com

Webinar Series 4.0 Jilid III BI Kaltara Diikuti 325 Peserta

Webinar Series 4.0 Jilid III tentang Digitalisasi UMKM: Tetap Cuan di Tengah Ujian

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kaltara kembali menyelenggarakan Webinar Series 4.0 Jilid III, Kamis (25/6/2020). Webinar kali ini membahas tentang Digitalisasi UMKM: Tetap Cuan di Tengah Ujian.

Kepala KPwBI Kaltara Yufrizal mengatakan, digitalisasi telah merevolusi seluruh sendi kehidupan, mulai dari bangun di pagi hari sampai dengan tidur di malam hari. Kita sudah tidak bisa lepas dari smartphone, internet, dan aplikasi.

“Kondisi tersebut terjadi secara global, di mana perkembangan transaksi ekonomi digital secara global terus menunjukkan tren peningkatan yang positif,” ujarnya. Di Indonesia, menurut proyeksi statista, transaksi ekonomi digital akan tetap tumbuh di tengah pandemi Covid-19.

Berdasarkan proyeksi hasil penyesuaian oleh statista, pada tahun 2020 nilai transaksi ekonomi digital sebesar 35 juta USD atau sekitar 500,7 miliar rupiah, meningkat 101,6 miliar atau 25 persen dari nilai tahun 2019 sebesar 399,1 miliar rupiah.

Statista adalah sebuah portal statistik online yang mengumpulkan data dari market, hasil penelitian, dan sektor ekonomi. Oleh sebab itu, kondisi ini mendorong penggunaan digitalisasi lebih tinggi di Indonesia.

Selain itu, adanya wabah Covid-19 berdampak pada kinerja UMKM. “Dengan demikian, diharapkan implementasi digitalisasi dapat meningkatkan eksistensi dan penjualan para pelaku UMKM bahkan hingga skala Nasional,” imbuhnya.

Acara ini dihadiri langsung oleh Walikota Tarakan, dr. Khairul, Wakil Ketua Umum Bidang Government Relation Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Muhamad Rosihan, serta Vice President Government Relation Blibli, Suherman Soemardi.

Sekadar diketahui Webinar ini mendapat antusiasme yang tinggi dari para peserta yang mencapai angka 325 peserta yang terdiri dari Forkopimda Provinsi Kalimantan Utara dan juga Kabupaten/Kota seKalimantan Utara, stakeholder KPwBI Provinsi Kalimantan Utara, UMKM seluruh Kaltara, akademisi, pengusaha, asosiasi, dan mahasiswa hingga masyarakat umum.

“Sebagai tindaklanjut dari Webinar ini, BI Kaltara akan memfasilitasi produk-produk UMKM Kaltara agar juga dapat dipasarkan melalui platform Blibli.com,” kata Yufrizal. Dia menambahkan, BI Kaltara mencermati banyak produk UMKM Kaltara yang berpotensi untuk dipasarkan di Blibli.com atau e-Commerce lain seperti produk-produk makanan olahan dari kepiting, udang dan juga bandeng yang merupakan produk unggulan Kaltara. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here