KPU Nunukan sebut Paslon AMANAH Otomatis Pakai Nomor Urut 1

Ketua KPU Nunukan, Rahman

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Usai menetapkan hanya satu pasangan calon (paslon) sebagai peserta Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Nunukan, Rabu (23/9) pagi tadi, KPU kini tengah mempersiapkan menggelar pencabutan nomor urut yang dijadwalkan Kamis besok.

Dengan demikian, paslon yang boleh mengikuti pengundian nomor urut tersebut adalah yang telah ditetapkan oleh KPU Nunukan. Yakni paslon Asmin Laura Hafid-Hanafiah atau yang disingkat dengan akronim AMANAH.

Sehingga, Ketua KPU Nunukan Rahman mengatakan, paslon AMANAH otomatis mengenakan nomor urut satu (1) pada Pilkada tahun ini.

“Meski jadwalnya besok (24/9), tapi otomatis paslon Asmin Laura Hafid- Hanafiah mendapatkan nomor urut 1,” katanya kepada awak media, pagi tadi.

“Karena baru satu paslon yang ditetapkan menjadi Cabup-Cawabup (Nunukan) hingga jadwal pengundian nomor urut maka saya pastikan mendapatkan urutan satu (1),” jelas Rahman.

Ia juga menjelaskan bahwa rapat pleno terbuka dengan mengundang pasangan calon, tim pemenangan dan LO maksimal 25 orang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pada pengundian nomor urut. Rapat pleno terbuka penetapan nomor urut ini akan digelar pukul 19.30 Wita. “Paslon yang hadir besok malam (24/9) itu hanya satu dengan dipastikan nomor urut 1,” kata dia.

Sesuai ketentuan dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020, bukan lagi pencabutan nomor urut tetapi hanya pengundian saja. “Jadi rapat pleno terbuka besok itu hanya penetapan nomor urut bagi paslon yang memenuhi syarat saja,” ucap dia.

Hal ini sesuai pula dengan Surat Dinas KPU RI Nomor 788 Tahun 2020 memang ditegaskan apabila hanya satu paslon yang ditetapkan karena telah memenuhi syarat pencalonan maka otomatis diberikan nomor urut 1. (adv/man)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here