Ini Program Kerja Ketiga Paslon Gubernur Kaltara di Pilgub 2020

Foto: INT

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Terhitung mulai hari ini, (26/9/2020) hingga 5 Desember mendatang, pasangan calon kepala daerah termasuk gubernur Kaltara menggelar kampanye berdasarkan tahapan Pilkada Serentak tahun ini.

Kampanye terbagi dalam beberapa kegiatan. Yakni pertemuan terbatas, tatap muka, dialog, penyebaran bahan kampanye dan pemasangan alat peraga kampanye (algaka) yang telah ditetapkan oleh KPU.

Pada PIlgub Kaltara tahun ini, sebagaimana diketahui diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon). Yaitu Udin Hianggio-Undunsyah (nomor urut 1), Irianto Lambrie-Irwan Sabri (2), dan Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP (3).

Ketiga paslon ini memiliki beragam visi misi serta program kerja yang bakal menjadi janji politiknya jika terpilih pada Pilgub 2020.

Lantas apa saja visi misi dan program kerja mereka? Berikut penuturannya dari masing-masing Tim Paslon kepada Kayantara.com

U2OK Janji Perkuat SDM, Lindungi Nelayan dan Buruh

Paslon Udin Hianggio-Undunsyah atau disingkat U2 OK (Udin-Undun Optimis Kaltara) ini memiliki visi misi diantaranya membangun SDM yang kuat dengan fokus penguatan kapasitas dan infrastruktur perguruan tinggi, serta swasta yang ada di Kaltara.

Memfasilitasi pembukaan bidang studi keahlian seperti kedokteran, kelautan, perikanan, guru, pertanian dan industri maritim.

Kemudian U2OK akan menjalin kerja sama dengan pemangku adat se Kaltara dan paguyuban dalam membangun peradaban dan pelestarian budaya yang terintegrasi.

Memberikan perlindungan bagi nelayan kecil, pemilik tambak, pos pemborong hasil laut, dan petani dengan memastikan kebijakan harga yang adil.

U2OK juga berjanji akan memberikan perlindungan kepada pekerja, buruh baik sektor informal maupun formal termasuk pegawai kontrak, guru honorer pemerintah dengan memastikan hak kerja layak dalam hal upah layak, THR, jam kerja, kebebasan berserikat, dan bantuan hukum bagi pekerja.  

“Yang terpenting bagaimana tata kelola pemerintahan yang baik, komunikasi yang baik antara segenap segmen, elemen, dan segenap stakeholder dan pemangku kepentingan Kaltara untuk masyarakat,” kata Juru Bicara paslon U2OK, Erick Hendrawan.

Tak hanya itu, U2OK juga akan memberikan kepastian usaha dan adil bagi investor, pengusaha, kontraktor lokal. Menetapkan kebijakan khusus bagi kaum muda, perempuan yang lahir di Kaltara, beasiswa, mengakses dunia kerja.

Menerapkan kebijakan perekrutan dan promosi ASN yang transparan, professional sesuai kapasitas dan spesialisasi. Serta melindungi hutan adat, konservasi perairan, meningkatkan kapasitas kelompok nelayan.

Termasuk meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan guru SD/SMP/SMA baik negeri maupun swasta melalui program pelatihan.

IRAW Ingin Melanjutkan dan Melengkapi Program Kaltara Sejahtera Terdepan

Kemudian sebagai petahana, paslon nomor urut 2 yakni IRAW menegaskan akan melanjutkan program kerja yang belum sempurna dalam lima tahun terakhir.

Disamping itu, memasukan serta melengkapi program tambahan sesuai taglinenya Kaltara Sejahtera dan Terdepan.

“Program tambahan seperti melengkapi beberapa agenda-agenda pengembangan infrastruktur yang sedang dalam proses pengerjaan,” jelas Juru Bicara paslon IRAW, Ricky Valentino.

Hal ini agar seluruh masyarakat Kaltara bisa merasakan kesejahteraan baik di daerah pedalaman, pesisir, perbatasan dan wilayah lainnya secara umum.

Termasuk melanjutkan program beasiswa pendidikan yang sejauh ini belum terserap secara keseluruhan lantaran pandemi Covid-19. “Namun sudah ada yang menyentuh seperti beasiswa untuk mahasiswa dan anak-anak kurang mampu.

Pada intinya kita memiliki 10 program prioritas. Salah satunya pendidikan, infrastruktur dan lain-lain, program ini akan kami sampaikan ketika sudah ditandatangani KPU Kaltara,” ujarnya.

ZIYAP Mewujudkan Kaltara Berubah Lewat 15 Visi Misi yang Ditawarkan

Berikutnya, paslon Zainal A Paliwang-Yansen TP atau disingkat dengan akronim ZIYAP menyebutkan ada 15 visi misi yang tertuang dalam membangun Kaltara Berubah, Maju dan Sejahtera.

“Zainal-Yansen datang dan memberikan solusi alternatif yang membedakan paslon lain. Perubahan yang dapat menopang kehidupan anak bangsa Kaltara, pertumbuhan ekonomi yang baik, memberikan perlindungan aman, nyaman dan tentram,” tegas Juru Bicara paslon ZIYAP, Ibnu Saud.

“Bersama Zainal-Yansen, Kaltara akan bangkit, begitu juga pertumubuhan perekonomiannya baik di sektor mikro maupun makro. Serta meningkatkan perekonomian desa, kecamatan dan kabupaten kota,” tambah Ketua DPD Partai Gerindra Kaltara ini.

Selain itu, ZIYAP juga akan memberikan bantuan keuangan kepada pemerintah kabupaten kota yang tidak bersifat umum melalui APBN melainkan lewat APBD Kaltara.

Berikut 15 visi misi calon gubernur dan wakil gubernur Zainal-Yansen :

  1. Terwujudnya Kaltara yang Maju, berubah dan sejahtera.
  2. Membangun desa, menata kota, membangun untuk manusia.
  3. Mewujudkan Kaltara yang aman, nyaman, dan damai melalui penyelenggaraan pemerintahan yang baik
  4. Tata kelola pemerintah kabupaten/kota sebagai pilar utama yang professional, berbasiskan kinerja
  5. Pembangunan SDM yang sehat, cerdas, kreativ, inovatif, berakhlak mulia.
  6. Pengeloaan SDA dengan nilai tambah tinggi, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.
  7. Meningkatkan pembangunan infrastruktur perdesaan, pedalaman, perkotaan, dan pesisir.
  8. Ekonomi yang berdaya saing, pengembangan infrastruktur berkualitas dan merata untuk konektivitas antara kabupaten/kota
  9. Hidup rukun dalam semangat Bhineka Tunggal Ika
  10. Ketahanan energy dan pengembangan PLTA
  11. Keseteraaan gender dan pemuda dalam pembangunan
  12. Perlindungan dan pemberdayaan koperasi, UMKM, dan penguatan produk lokal
  13. Pembangunan dan investasi daerah dengan melibatkan pengusaha dan investor lokal serta nasional
  14. Pembangunan berbasis kabupaten kota hingga RT
  15. Mewujudkan Tanjung Selor menjadi DOB sebagai ibukota Kaltara termasuk DOB lainnya: Kota Sebatik, Kabudaya, Krayan dan Kabupaten Apau Kayan

(sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here