Bedah Buku “Generasi 90an” sebagai Puncak Semarak Bulan Gemar Membaca

Bedah Buku “Generasi 90an” yang digelar BI Kaltara bersama Pemkot Tarakan yang dihadiri ratusan peserta dan menghadirkan penulis serta pegiat literasi Helmy Yahya.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara (KPwBI Prov Kaltara) bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan, dalam hal ini Dinas Arsip dan Perpustakaan melakukan pelaksanaan Bedah Buku “Generasi 90an”.

Kegiatan ini guna menyemarakkan Bulan Gemar Membaca pada Rabu, 30 September 2020 yang diikuti oleh kurang lebih 400 peserta secara daring, serta dihadiri oleh Kepala KPwBI Kaltara Yufrizal, Penulis buku Generasi 90an, Marchella FP, serta dibuka langsung oleh Walikota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes.

“Kegiatan bedah buku merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Bank Indonesia sebagai bentuk peran aktif dan kontribusi nyata Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Tarakan dalam menyebarkan semangat serta gerakan literasi di Indonesia,” tutur Yufrizal.

Rangkaian kegiatan Bulan Gemar Membaca ini diisi oleh berbagai kegiatan seperti Parade Literasi, Kelas Mendongeng, Kelas Menulis Puisi, Kelas Inklusi Sosial, Lomba Story Telling, dan puncaknya ditutup dengan kegiatan Bedah Buku “Generasi 90an”.

Turut hadir sebagai pembedah dalam kegiatan tersebut adalah Helmi Yahya, seorang pembawa acara kawakan, yang juga merupakan salah satu tokoh penggiat literasi di Indonesia. Pembedah kedua yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah Alif Arhanda Putra, seorang penggiat literasi di Kota Tarakan yang juga merupakan dosen di Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Pada kesempatan tersebut, Walikota Tarakan, Khairul, menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang telah turut serta bersinergi meningkatkan kesadaran literasi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kota Tarakan dengan melaksanakan kegiatan Bulan Gemar Membaca yang ditutup dengan kegiatan Bedah Buku “Generasi 90an”.

“Kami berharap dengan adanya rangkaian kegiatan literasi selama sebulan penuh dalam kegiatan Bulan Gemar Membaca ini, tingkat literasi masyarakat, khususnya yang ada di Kota Tarakan dapat terus meningkat,” paparnya. Hal ini, lanjut dia, sangat penting karena tingkat literasi suatu bangsa pada umumnya akan sejalan dengan tingkat kemajuan bangsa tersebut. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here