Karena Kegigihan Hasan Basri, Puluhan Pelajar di Tarakan Dapat Beasiswa dari DPD RI

Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri ketika menyalurkan bantuan pendidikan atau beasiswa kepada sejumlah perwakilan siswa SD di Kota Tarakan, pagi tadi. (Foto: Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Sebanyak 50 pelajar tingkat SD, SMP dan SMA/SMK di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara menerima bantuan beasiswa dari Komite II DPD RI.

Bantuan ini disalurkan oleh Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri kepada sejumlah perwakilan pelajar yang berhak menerimanya di ruang pertemuan Kantor Disdikbud Tarakan, Senin (19/10/2020).

Rincinya, setiap siswa SD berhak menerima sebesar Rp450 ribu, SMP Rp750 ribu, dan Rp1.5 juta untuk pelajar SMA/SMK per bulan.

Hanya saja, bantuan tersebut baru disalurkan kepada siswa tingkat SD. Sementara pelajar SMP dan SMA/SMK menyusul.

“Untuk beasiswa tingkat perguruan tinggi belum dilakukan karena masih menyesuaikan kondisi anggaran akibat pandemi Covid-19,” jelasnya.

Senator asal Kaltara ini menambahkan sumber dana bantuan tersebut tak hanya berasal dari Komite II DPD RI, melainkan juga dari Komite III DPD RI.

Dia menerangkan penerima bantuan tersebut berdasarkan hasil seleksi staf DPD RI yang berkoordinasi dengan Disdikbud Tarakan. Dana bantuan disalurkan melalui rekening orangtua siswa.

“Sebenarnya bantuan beasiswa ini untuk siswa di Kota Tarakan ini belum cukup banyak. Meski begitu kita sangat bersyukur dapat alokasi anggaran tersebut sekaligus meringankan tanggungjawab Pemkot Tarakan,” ujarnya.

Bantuan beasiswa itu merupakan hasil jerih payah Hasan Basri bersama anggota DPD RI lainnya yang terus berkomunikasi secara intens.

“Kebetulan kita di DPD RI memiliki hubungan dan komunikasi yang sangat baik. Sehingga memberikan jatah beasiswa kepada saya untuk disalurkan ke Kalimantan Utara. Totalnya untuk 50 orang, kedepannya akan bertambah,” ungkap Hasan Basri.

Pemberian dana bantuan guna mendukung kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dari rumah secara online di tengah pandemi. Yakni untuk kebutuhan membeli pulsa paket data internet dan lainnya.

Kepala Disdikbud Tarakan Tajuddin Tuwo mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kontribusi Hasan Basri yang berhasil memperjuangkan bantuan tersebut di tingkat pusat. “Meski bidang pendidikan ini ada di Komite III DPD RI, namun beliau tetap mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan bantuan kepada siswa-siswa di Tarakan yang bersumber dari pemerintah pusat. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here