Pisah Sambut Danlanal Nunukan, Sekda: Mari Lanjutkan Langkah Kolaborasi

Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, S.IP, M.Si mewakili Plt. Bupati Nunukan Ir. H. Faridil Murad., ST., MT menghadiri acara Pisah Sambut Danlanal Nunukan di Mako Lanal Nunukan, Selasa (3/11/2020).

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, S.IP, M.Si mewakili Plt. Bupati Nunukan Ir. H. Faridil Murad., ST., MT menghadiri acara Pisah Sambut Danlanal Nunukan di Mako Lanal Nunukan, Selasa (3/11/2020).

Pisah sambut ini dilakukan antara Letkol Laut (P) Anton Pratomo, SE., M.Tr., Hanla. Kepada Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto, SE., CTMP. Letkol Laut (P) Anton Pratomo, SE., M.Tr., Hanla. yang sebelumnya sebagai Danlanal Nunukan akan berpindah tugas sebagai Komandan Kapal Republik Indonesia (KRI) Multatuli dari Komando Armada II Surabaya. Dan Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto, SE., CTMP yang sebelumnya bertugas di MABESAL Jakarta sebagai Pengamanan dan Persandian menggantikan Anton Pratomo sebagai Danlanal Nunukan.

Dalam sambutan tertulis PLT. Bupati Nunukan, atas nama Pemkab Kabupaten Nunukan dan seluruh elemen masyarakat Serfianus mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian yang telah dilaksanakan Anton Pratomo selama ini sebagai komandan pangkalan TNI angkatan Laut Nunukan.

“Dan saya menyampaikan selamat datang kepada bapak Eko Febrianto sebagai komandan lanal Nunukan di bumi Penekindi Debaya Kabupaten Nunukan ini”, ujar Serfianus.

Sebagai salah satu daerah perbatasan, Serfianus menyampaikan bahwa Kabupaten Nunukan yang terdiri atas 21 kecamatan sebagian besar wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, baik dengan negara bagian Serawak maupun negara bagian Sabah.

“Tapal batas yang ada juga meliputi batas darat dan laut serta kawasan perairan lainnya. Dengan kondisi geografis sedemikian berat, tentunya ini tidak menyurutkan pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan di berbagai bidang dan berbagai sektor”, tambahnya.

Dilanjutnya namun demikian berbagai program yang dilakukan oleh pemerintah daerah tidak dapat berjalan begitu saja, perlu adanya peran dari seluruh pemangku kepentingan. dalam hal tersebut hingga saat ini peran dari TNI angkatan Laut dalam menegakkan supremasi hukum di wilayah laut di Kabupaten Nunukan dan khususnya lanal Nunukan telah mampu dijalankan dengan baik.

“Atas peran dan dedikasinya ini saya menyampaikan apresiasi kepada bapak Anton Pratomo sebagai komandan lanal Nunukan yang selama ini telah mampu bermitra dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan yang berkeadilan di Kabupaten Nunukan”, ujarnya.

Lebih lanjut penanganan masalah perbatasan, khususnya yang berkenaan dengan pembinaan wilayah teritorial dan penegakan hukum tentunya membutuhkan perhatian yang serius, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita seluruh pemangku kepentingan yang ditugaskan untuk menanganinya, Ini menjadi tanggung jawab bersama semua pihak dengan tugas dan fungsi kita masing-masing.

“Saya berharap kiranya bapak Nonot Eko Febrianto dapat membawa lanal Nunukan dalam langkah kolaborasi yang lebih mantap lagi dengan pemerintah daerah dan seluruh stakeholder serta forum koordinasi pimpinan daerah untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat Kabupaten Nunukan yang sejahtera,” harapnya.

Pada kesempatan ini Letkol Laut (P) Anton Pratomo, SE., M.Tr., Hanla mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur Forkopimda dan masyarakat Nunukan yang berada di wilayah Kabupaten Nunukan yang selama ini telah mendukung seluruh program kerja Lanal Nunukan.

“Tanpa adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak, program kerja Lanal Nunukan tidak dapat berjalan,”ungkapnya.

Selain itu Anton berharap semoga kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat berlanjut seterusnya dengan Danlanal Nunukan yang nantinya bertugas di Lanal Nunukan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

“Dan atas nama Lanal Nunukan, keluarga dan pribadi, saya memohon maaf jika selama menjabat sebagai Danlanal Nunukan ada kesalahan dalam menjalankan tugas sebagai Danlanal Nunukan,”ungkapnya.

Diwaktu yang sama Danlanal Nunukan yang baru Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto, SE., CTMP. mengucapkan terima kasih kepada Unsur Forkopimda yang ada diwilayah Lanal Nunukan yang telah menyambutnya. Nonot juga menyampaikan harapannya kepada Unsur Forkopimda dan masyarakat yang ada di wilayah kabupaten Nunukan dapat bersinergi serta mendukung saya selaku Danlanal Nunukan yang baru dalam melaksanakan tugas di Lanal Nunukan Kab. Nunukan. (humas)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here