Fernando Sinaga Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMP Negeri 3 Malinau Kota

Wakil Ketua Komite I DPD RI Fernando ketika melaksanakan sosialisasi empat pilar MPR RI di SMP Negeri 3 Malinau Kota Kabupaten Malinau, Minggu kemarin (8/11)

KAYANTARA.COM, MALINAU – Wakil Ketua Komite I DPD RI, Fernando Sinaga melaksanakan sosialisasi empat pilar Majelis Permusyarawatan Rakyat (MPR) RI di SMP Negeri 3 Malinau Kota Kabupaten Malinau, Minggu (8/11/2020).

Dalam agenda kerja senator Kaltara ini, Fernando menegaskan dimana masa pandemi covid-19 adalah masalah nasional yang berdampak kepada solidaritas social yang semakin melemah.

Ia menerangkan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan warisan dasar bangsa Indonesia yang menjadi kesepakatan bersama untuk dijaga dan mencegah dari perpecahan. 

Selanjutnya, mengajak masyarakat bersikap dan berperilaku yang logis, rasional, dan cermat merupakan kunci melindungi kesehatan.

Secara sosio-ekonomi, tugas sosialisasi yang utama ialah mengingatkan dan mengajak segenap lapisan masyarakat untuk menjaga dan mempererat solidaritas sosial, mengatasi sekat-sekat agama, ras, serta status sosial dan ekonomi.

Dijelaskan Fernando, tujuan sosialisasi keberadaan 4 Pilar Kebangsaan harus gencar disosialisasikan dengan menyasar generasi muda, khususnya anak-anak sekolah yang merupakan generasi milenial. “Dalam menghadapi era digitalisasi seperti sekarang ini, anak-anak muda harus kuat secara pondasi, jadi 4 pilar ini harus menjadi dasar yang kuat diamalkan.

Untuk peserta yang mengikuti sosialisasi diwajibkan memakai masker, mencuci tangan menggunakan air atau handsanitizer sebelum masuk ruangan, dan mengatur jarak tempat duduk.

Kegiatan ini diiukti oleh kurang lebih 150 orang yang terdiri dari siswa, guru dan pegawai. Meski ditengah pandemi dan menuju normal baru, kegiatan ini tetap dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Kepala SMP Negeri 3 Malinau Kota, mengatakan kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat. Para siswa sangat antusias, bahkan guru-guru juga terlibat aktif, terima kasih sudah memberikan penguatan karakter untuk anak-anak didik kami.

“Dari sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini, saya berharap masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Karena implementasi empat pilar ini wajib kita gelorakan terhadap semua kalangan, mulai tokoh masyarakat sampai generasi muda di tengah-tengah kehidupan yang beragam, dan tantangan digitalisasi,” tambah Fernando. (adv/sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here