2021, Pemerintah Pusat-Daerah Tetap Fokus Tangani Covid-19

Ilustrasi

KAYANTARA.COM – TANJUNG SELOR – Pemerintah telah menetapkan 4 fokus kebijakan dalam APBN 2021 mendatang. Yakni, penanganan kesehatan, perlindungan sosial bagi kelompok rentan dan kurang mampu, pemulihan ekonomi terhadap UMKM dan dunia usaha, dan reformasi struktural guna membangun pondasi yang lebih kuat di bidang kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial.

Dilihat dari penekanannya, maka penanganan kesehatan menjadi fokus pertama pemerintah. Utamanya dalam memenuhi kebutuhan vaksinasi Covid-19.

Saat dikonfirmasi perihal tersebut Kepala Bappeda-Litbang Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Risdianto mengungkapkan seirama dengan Pemerintah Indonesia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara didalam APBD 2021 akan kembali fokus pada penanganan Covid-19. Salah satunya, kemungkinan pengalokasian anggaran pengadaan vaksin. Meskipun demikian, pemulihan ekonomi serta perlindungan sosial kepada masyarakat terdampak pun akan tetap dijalankan.

“Bekerjasama dengan Univestas Kaltara, Bappeda-Litbang, Senin (30/11) lalu telah dilakukan kajian sebaran Covid-19 di Provinsi Kaltara. Diharapkan dari hasil kajian ini dapat menjadi referensi pengambilan kebijakan strategis di Kaltara tahun depan. Utamanya, terkait penganggaran dalam penanganan Covid-19,” kata Risdianto.

“Ya kalau untuk pengadaan vaksin untuk saat ini kita anggarkan saja. Sementara untuk pengadaan jenis vaksinnya akan disesuaikan ketersediannya ke depan,” tambahnya.

COOL ROOM VAKSIN

Pemprov Kaltara mendapatkan bantuan cool room atau ruang pendingin vaksin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Cool room tersebut rencananya akan ditempatkan di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Tepatnya, di UPTD Instalasi Farmasi yang berlokasi di tepi Jalan Trans Kalimantan Kilometer 2, Kabupaten Bulungan.

Informasi perihal bantuan cool room disampaikan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Muhammad Budi Hidayat saat melakukan pengecekan kesiapan program nasional vaksinasi Covid-19 di Kaltara, Minggu (29/11) lalu.

Di Kaltara saat ini, cool room untuk vaksin hanya tersedia di Tarakan. Walaupun terbilang cukup, untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kaltara, 1 unit cool room akan turut ditempatkan di Tanjung Selor. “Ditarget bantuan cool room akan tiba di Kaltara pada awal 2021. Antara Januari atau Februari paling lambat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltara, Usman.

Sebagai informasi, UPTD Instalasi Farmasi dulunya adalah gudang penyimpanan obat yang dibangun oleh Pemprov pada 2016. Operasionalnya sendiri hingga menjadi UPTD baru dimulai pada 2018 sesuai peraturan gubernur terkait.(humas)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here