Jelang Natal-Tahun Baru, Disperindagkop Malinau Pastkan Harga Pangan Aman dan Stabil

KAYANTARA.COM, MALINAU – Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Malinau memastikan harga pangan aman dan tetap stabil dalam menyambut perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021 (Nataru).

Kepala Disperindagkop dan UMKM Malinau Tirusel STP menyampaikan stok bahan pokok di Malinau menjelang akhir tahun ini dipastikan cukup. “Kami pastikan stok bahan pokok dipastikan cukup dan aman,” ujar tirusel, jumat (18/12).

Menurut Tirusel, yang memang perlu menjadi perhatian ialah meningkatkanya permintaan masyarakat. Tetapi, semua itu pihaknya sudah melakukan pengawasan secara rutin di 18 titik yang ada di wilayah malinau ini.

“Dikhawatirkannya adanya lonjakan harga, tentu kita melakukan pengawasan secara rutin seminggu sekali. Itu antisipasi adanya kenaikan harga. Dan semua petugas sudah turun ke lapangan untuk mengontrol akan itu,” ungkapnya.

Diakuinya memang jelang di hari keagamaan besar memang seringkali dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menaikkan harga sejumlah bahan pangan yang dapat merugikan konsumen, sehingga memang diperlukan pengawasan harga. “Maka dari itu, kita melakukan pengawasan. Dan sejauh ini masih terbilang relatif aman,” ujar dia.

Tirusel meminta dan mengingatkan kepada para pedagang untuk tidak memanfaatkan situasi untuk menaikkan harga dagangannya. Begitupun kepada masyarakat ketika berbelanja harus sesuai dengan kebutuhan agar pasokan sembako tidak mengalami kelangkaan dan mengalami lonjakan.

“Kita mengimbau juga kepada pedagang untuk tidak memanfaatkan situasi hari keagamaan untuk menaikkan harga dagangannya. Termasuk juga masyarakat yang merayakan natal dan tahun baru berbelanja seperlunya saja,” imbuhnya.

Tirusel menambahkan beberapa minggu lalu pihaknya bersama dengan Disperidagkop Provinsi Kaltara juga menggelar pasar murah. “Kita juga bersama-sama dengan disperindagkop Kaltara menggelar pasar murah. Ada beberapa titik yang sudah kita laksanakan. Salah satunya di kecamatan malinau utara,” pungkasnya. (adv)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here