Bupati Yansen Berharap Jajaran OPD, Camat, Kades dan RT Punya Integritas

Bupati Malinau Yansen TP

KAYANTARA.COM, MALINAU – Bupati Malinau Dr.Yansen TP mengharapkan jajaran pemerintah dilingkungan OPD, Kecamatan, kepala desa dan RT untuk memiliki integritas dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Jadi saya harapkan harus mampu menjadi birokrat yang professional dan harus lebih baik dari tahun 2020 ke tahun 2021 mendatang,” ujar Yansen, saat memberikan arahan kepada jajaran OPD, Camat, Desa dan RT secara virtual, Rabu (30/12).

Sebab itu, Yansen meminta seluruh jajaran dari tingkat Kabupaten hingga tingkat RT untuk dapat menyiapkan perangkat kerjanya. “Jangan menunggu begitu lama atau menghadapi persoalan klasik. Jadi segera menyusun RKA. jadi mulai terhitung hari ini, perangkat dan sistem manajemen itu sudah terusun dengan baik,” imbuhnya.

Sejauh ini, kata Yansen berdasarkan pengamatan di lapangan selama dua bulan ini dengan melihat asumsi tingkat pembangunan malinau telah berjalan dengan baik. Artinya, sistem manajemen perencanaan pembangunan itu sudah berjalan sesuai yang diharapkan.

“Jadi saya bersyukur sistem manajemen perencanaan pembangunan dan indiaktor pembangunan tidak hanya dibaca di tataran OPD tetapi sudah geliat ditingkat bawah atau terbaca di tingkat RT-RT,” ungkapnya.

Jika melihat di daerah lain, menurut Yansen, indikator pembangunannya tidak terbaca di tingkat bawah melainkan hanya berada di Kabupaten. Maka dari itu, sistem manajemen dan pemerintahan yang sudah saat ini sudah berjalan secara maksimal. “Sebab itu, saya berharap dari OPD, Camat, Kepala Desa dan RT untuk terus mensinergikan kekuatan pembangunan. Kalau tingkat bekerja berjalan dengan baik, tentu malinau mampu megnelola APBD 1,3 triliun yang mengubah di tahun 2021 ini,” jelasnya.

Apalagi, Camat hingga tingkat RT, kata Yansen itu merupakan pelopor pembangunan yang ada di Malinau. “Maka dari itu mari gerakkan pembangunan secara nyata. Dengan indikator-indikator pembangunan yang bergeliat tingkat maysarakat dan RT,” ungkapnya.

Maka dari itu, Yansen menaruh harapan besar bagi seluruh manajerial mulai dari tingkat OPD, Kecamatan, Pemerintah Desa dan RT dapat melaksanakan APBD tahun 2021 ini. “Jadi harus betul-betul terimplementasikan hingga ke Rt-Rt. Jadi perlu diingat sekeras apapun di tingkat Kabupaten bekerja, kalau tidak didukung dari ketua RT dan kepala desa tentu akan berdampak pada realisasi APBD,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut Yansen, sejauh ini serapan APBD yang ada di Malinau sudah mampu menjangkau ke tingkat desa dan RT. “Jadi saya harapkan segera bekerja dan jangan menunggu lagi. Jadi harus dengan program-program dan manajemen yang tertata rapi,” imbuhnya. (adv)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here