Puluhan Personel Polres Nunukan Dinyatakan Bebas Narkoba

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Sebagai tindak lanjut dari Surat Telegram Kapolri nomor ST/331/II/HUK.7.1/2021 tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba oleh anggota Polri, untuk itu Kepolisian Resor Nunukan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nunukan menyelenggarakan kegiatan Deteksi Dini melalui tes urine kepada personel secara acak.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (3/3) pukul 09.00 WITA, bertempat di Aula Sebatik Polres Nunukan.

Acara dimulai dengan pengarahan oleh Wakapolres Nunukan Kompol Edy Budiarto dan Kepala BNNK Nunukan Kompol Sunarto. Dalam arahan Wakapolres menyampaikan harapan dari pelaksanaan tes urine.

“Sebenarnya saya ingin seluruh personel dites urine, akan tetapi karena dukungan alat tes dari BNN sangat terbatas maka diambil secara acak. Semoga kedepannya kita semua bisa dites urine,” ujar Edy.

Lebih lanjut Edy juga mengimbau supaya tidak perasaan was-was antar Personil yang dites urine. “Jangan ada rasa was-was karena kenapa kok saya yang dites urine, apakah saya yang dicurigai ?. Untuk itu Saya siap jadi yang pertama dites urine,” katanya.

Setelah pengarahan oleh Wakapolres, dilanjutkan pengarahan oleh Kepala BNNK Nunukan. Dalam arahannya, Edy menekankan tujuan dari tes urine pagi ini.

“Tes urine pagi ini bertujuan sebagai deteksi dini untuk upaya antisipasi. Jika pun nanti ditemukan, bukan berarti ini adalah bentuk kriminalisasi tapi mari kita dukung untuk pemulihan secara lanjut” tambah Kepala BNNK Nunukan, Sunarto

Selanjutnya pengisian formulir oleh seluruh peserta tes urine dan registrasi. Personell secara bergantian memasuki toilet yang telah disediakan untuk pengambilan sample urine sesuai dengan SOP dan pengawasan yang ketat.

Setelah seluruh personel menyetor sample urine kepada petugas BNN, total didapatkan 25 sampel urine. Seluruh sample dilakukan uji menggunakan rapid test narkoba tujuh parameter.

Dari hasil pengujian, 25 sample seluruhnya dinyatakan negatif narkoba. Kegiatan berjalan dengan lancar serta dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. (hmsbnnk)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here