Gubernur dan Wagub Beserta Istri Ikut Vaksinasi, Zainal: Jangan Takut Divaksin!

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang menjadi orang pertama di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara yang menerima vaksinasi Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi yang diinisiasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltara bersama Dinkes Kabupaten Bulungan ini dilakukan di Ruang Serba Guna Lantai I Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara, Selasa (16/3).

Sebelum dilakukan penyuntikan perdana, Gubernur Zainal mengatakan dalam sambutannya agar masyarakat tidak perlu takut untuk divaksin. Selain itu, gubernur juga membahas tentang isu-isu yang berkembang di masyarakat mengenai kelayakan vaksin hingga hak asasi manusia.

“Saya berpesan kepada masyarakat Kaltara. Jangan takut untuk divaksin. Vaksinasi ini tidak akan merugikan masyarakat. Justru malah akan menguntungkan bagi kita karena akan membentuk kekebalan tubuh,” terang mantan Wakapolda Kaltara ini.

Upaya pencegahan Covid-19 melalui program vaksinasi memang tidak serta merta akan membuat penerima vaksin menjadi kebal terhadap virus corona.

Untuk itu, Zainal tetap mengimbau penerima vaksin tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

Pria kelahiran Makassar tahun 1962 ini menegaskan agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Kaltara yang akan menerima vaksin untuk tidak ragu dan memikirkan isu-isu negatif tentang vaksinasi Covid-19.

Selain itu, Zainal berharap ketersediaan vaksin di Kaltara dapat mencukupi untuk kebutuhan seluruh masyarakat. ”Jangan terpengaruh dengan isu-isu di luar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Mari laksanakan vaksinasi guna melindungi diri kita dan orang di sekitar kita. Kaltara harus segera bebas dari Covid-19,” harapnya.

Wakil Gubernur (Wagub) Yansen TP juga menerangkan hal serupa. Ia mengajak seluruh ASN dan masyarakat untuk proaktif terhadap program yang sudah dibuat oleh pemerintah pusat dan dilaksanakan hingga ke daerah-daerah.

“Saya rasa masyarakat juga sudah mulai memahami dan sudah dapat melihat dampak dari vaksinasi. Saya jamin vaksin ini aman karena di beberapa daerah juga sudah melakukan vaksinasi ini dan hasilnya baik-baik saja,” kata Yansen.

Setelah memberikan kata sambutannya Gubernur Zainal langsung diarahkan untuk menerima vaksin pertama, disusul Wagub Yansen TP, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kaltara  Rachmawati Zainal Paliwang, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kaltara Ping Yansen, dan Ketua Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara Norhayati Andris.

Pelaksanaan vaksinasi ini rencana diadakan selama tiga hari mulai tanggal 16-18 Maret 2021 diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kaltara, bertempat di Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara dan Gedung Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Kaltara. (ahy/diskominfo)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here