Kembangkan Ekonomi Daerah, Pemprov Gandeng BI Kaltara

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang saat menerima kunjungan kerja jajaran direksi KPwBI Kaltara, sore kemarin.

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan audiensi dengan Gubernur Zainal Arifin Paliwang.

Pertemuan ini digelar di ruang kerja Gubernur, sekitar pukul 17.30 WITA, Selasa (16/3/2021), yang juga dihadiri sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Kaltara.

Kepada Gubernur Zainal, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltara, Yufrizal bersama jajaran direksinya menyampaikan tujuan kedatangannya.

Pertama, sebut Yufrizal, bermaksud untuk bersilahturahmi sekaligus menyampaikan program kerja yang telah dilakukan sejauh ini dalam membangun perekonomian Kaltara.

“Maksud lainnya adalah ingin mendapatkan arahan dari Pak Gubernur, dan bagaimana BI Kaltara dengan Pemprov Kaltara dapat bersinergi. Alhamdulillah bapak Gubernur Zainal menyambutnya dengan luar biasa, terutama dalam pengembangan ekonomi Kaltara ke depan,” ujar Yufrizal.

Terkait pengembangan ekonomi masyarakat di Bumi Benuanta, Yufrizal mengatakan akan dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU) dalam waktu dekat.

“Nanti kita tuangkan dalam sebuah MoU agar punya legal hukum yang kuat. Kemudian kita akan mengimplementasikannya,” tuturnya.

Yufrizal menyebutkan pertumbuhan ekonomi Kaltara pada 2020 lalu tercatat minus 1,11 persen. 

Hal ini disebabkan menurunnya aktivitas ekspor dari Kaltara ke sejumlah negara tujuan lantaran pandemi. Misalnya ekspor batubara tujuan Tiongkok dan India.

“Dua negara ini ekonominya turun karena Covid-19, sehingga permintaan batubara dari Kaltara juga turun,” ungkapnya.

Meski begitu, persentase pertumbuhan Kaltara pada 2020 masih terangkum lebih baik dibandingkan kondisi ekonomi nasional yang bertengger diangka 2.0 persen.

Kunjungan rombongan KPwBI Kaltara tersebut diapresiasi baik oleh Gubernur Zainal.

Salah satu bentuk pengembangan ekonomi bersama KPwBI Kaltara salah satunya adalah pembinaan kepada pengrajin batik lokal se-Kaltara berupa pelatihan-pelatihan.

Dalam pelatihan itu rencananya KPwBI Kaltara akan mendatangkan instruktur pembatik dari Jawa Timur. “Alhamdulillah hal ini menjadi salah satu wujud dukungan BI Kaltara terhadap program kerja Pemprov Kaltara pada sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah),” ucap Gubernur Zainal. (mil/sur/diskominfo)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here