Ziarah Akbar ke Makam Aulia Allah di Bulungan Berlanjut hingga Senin

Umat muslim tampak antusias melakukan ziarah akbar ke makam Aulia Allah yang ada di Kabupaten Bulungan.

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR-Sejumlah umat muslim di Kabupaten Bulungan kembali melakukan ziarah akbar ke sejumlah makam pejuang Allah SWT.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, ziarah akbar kali ini dimulai dari makam Habib Sayid Ahmad Al Maghribi, Sabtu (20/3/2021). Kemudian berlanjut ke makam Sayid Abdullah Bilfaqih, dan terakhir Sayid Ali Al Idrus.

Ketua Pelaksana Ziarah Akbar, Habib Hassan Al Jufrie menjelaskan kegiatan tersebut untuk mendapatkan keberkahan bagi para penziarah.

“Juga sebagai bentuk kepedulian serta pengharagaan kepada pejuang Allah (Aulia Allah) yang telah merintis masuknya Islam di Kalimantan bagian utara,” terang Habib Hassan.

Tak hanya itu, kegiatan keagamaan ini juga bertujuan untuk kesadaran dan tanggung jawab sosial di kalangan umat sebagaimana yang telah dicontohkan dan dilakukan oleh Aulia Allah kala itu.

“Mereka meng-infaqkan hidupnya berjuang di jalan Allah itu. Mereka juga meng-infaqkan hidupnya berjuang di jalan Allah hanya ingin mendapat Mardhatillah (ridho Allah) dan Syafa’at Rasulullah SAW,” ucap Habib Hasan seraya mengharapkan kegiatan tersebut menjadi ikon Bulungan.

Bulungan, lanjut Habib Hasan, salah satu buminya para wali yang berada di empat penjuru mata angin. Mulai dari barat, timur, utara hingga selatan yang semuanya terdapat makam para wali.

“Hingga saat ini sudah tercatat 22 makam wali yang telah ditemukan. Insya Allah di masa yang akan datang kemungkinan jumlahnya akan bertambah, utamanya Wali Allah yang mastur (yang kewaliannya tersembunyi),” demikian Habib Hasan. (nr/ky1)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here