Gubernur dan Wali Kota Tarakan Teken Perjanjian Serah Terima Aset

KAYANTARA.COM,TARAKAN-Sejumlah aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) di Kota Tarakan resmi diserahterimakan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan.

Penyerahan aset ini dilaksanakan di ruang kerja Wali Kota Tarakan, dr Khairul, M.Kes, Senin (12/4/2021).

Adapun aset Pemprov yang diserahkan kepada Pemkot adalah tanah dan bangunan eks Kantor Pembantu Gubernur Kaltim yang sekarang difungsikan sebagai Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tarakan di Jalan Jenderal Sudirman. Termasuk Sebagian aset lahan di wilayah RSUD Tarakan.

Sementara aset milik Pemkot Tarakan yang diserahkan kepada Pemprov Kaltara yaitu VIP Room Bandara Juwata Tarakan, serta sebagian lahan yang ada di Jalan Pulau Irian, yang kini digunakan RSUD Tarakan untuk lahan parkirnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang menjelaskan, sejumlah aset yang diserahkan ke Pemkot Tarakan dulunya diperoleh dari Pemprov Kaltim.

Aset tersebut, kata dia, dihibakan ke Pemprov Kaltara guna melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2012 tentang pembentukan Pemprov Kaltara.

“Jadi sesuai amanat Undang-Undang, aset milik Pemprov Kaltim itu dihibahkan ke Pemprov Kaltara, hal ini bertujuan untuk tertib administrasi baik di Pemprov Kaltara maupun di Pemkot Tarakan,” paparnya.

Aset Pemprov yang berada di Tarakan dan diserahkan ke Pemkot Tarakan tersebut, dikatakan Gubernur Zainal, selama digunakan berstatus pinjam pakai oleh Pemkot Tarakan.

Aset tersebut digunakan untuk gedung DPRD Tarakan dan gedung penyuluhan KB.

“Kita ingin mewujudkan good governance dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Selain itu penyerahan aset ini bagian bentuk dukungan Pemprov Kaltara untuk mengoptimakan pemanfaatan aset yang digunakan oleh Pemkot Tarakan,” terang Gubernur.

Dengan diserahkannya sebagaian aset milik Pemprov Kaltara berupa tanah dan bangunan, Gubernur Zainal berharap ke depannya Pemkot Tarakan dapat lebih meningkatakan pelayananya kepada masyarakat Kaltara, khususnya di Tarakan.

“Apa yang telah diserahkan Pemprov Kaltara harus dimanfaatkan sebaik mungkin Pemkot Tarakan, dengan harapan Pemkot Tarakan dapat meningkatkan pelaksanaan tugasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kaltara, Khususnya di Tarakan,” tuturnya.

“Aset ini kita serahkan agar ke depannya dapat dikelolah lebih baik lagi oleh Pemprov Kaltara. pada dasarnya aset Pemprov dan Pemkot ini milik negara, tinggal bagaimana kita menatanya sesuai dengan visi dan misi yang ada,” tambah Wali Kota Tarakan, dr Khairul.

Dengan diserahkannya sebagaian aset Pemprov yang ada di Tarakan ke Pemkot, tak lupa Wali Kota Khairul mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Kaltara, Zainal Arifin paliwang.

“Sebagai Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paiwang telang membuktikan janji politiknya yakni menyerahkan beberapa aset Pemprov Kaltara untuk dikelola Pemkot Tarakan,” pungkasnya. (mil)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here