Kenakan Baju Adat, Gubernur dan Wagub Menghadiri Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Foto: Johan / DKISP Kaltara



KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum turut menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021, secara virtual, Selasa (1/6).

Dari ruang rapat kantor Gubernur di Jalan Agatis Tanjung Selor, Wakil Gubernur Dr Yansen TP, M.Si beserta Forkopimda di lingkungan Pemprov Kaltara juga turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Di antaranya Kapolda Kaltara, Danrem 092 Maharajalila, unsur pimpinan DPRD Kaltara dan lainnya.

Tampak dari layar kaca Kepala Negara dan pimpinan lembaga tinggi negara maupun kementerian, pemerintahan provinsi serta kabupaten kota dan lainnya pada peringatan itu mengenakan pakaian adat budaya Indonesia.

Termasuk Gubernur Zainal dan Wagub Yansen TP dengan mengenakan busana adat Tidung dan Dayak.

Terlihat juga penerapan protokol kesehatan covid-19 secara ketat, memakai masker dan menjaga jarak serta tersedia hand sanitizer. Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara membacakan Teks Pancasila.

Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dari kediamannya.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak masyarakat menjadikan Pancasila sebagai pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan.

“Saudara-saudara sebangsa dan seTanah Air menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa. Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0,” papar Jokowi
dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (1/6/2021)

“Dan sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan,” ungkap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucapnya.

Sebelumnya, dikutip postingan videonya, Gubernur Zainal mengucapkan Selamat Hari Kelahiran Pancasila 2021.

Orang nomor satu di Bumi Benuanta ini juga mengucapkan selamat Seminar Empat Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan Taman Bacaan Masyarakat Indonesia Provinsi Kaltara.

“Hidup bangsa Indonesia, saya bangga dengan masyarakat Kaltara, saya bangga dengan pemuda Kaltara,” demikian Zainal. (sur/dkisp-kaltara)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here