Pembangunan Hangar Skuadron Pesawat Tanpa Awak akan Rampung Tahun Ini

Progress pembangunan hangar skuadron pesawat tanpa awak di Lanud Anang Busra Tarakan. (Foto: Supriadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pangkalan Udara Lanud Anang Busra Kota Tarakan akan segera diperkuat dengan sejumlah skuadron. Salah satunya skuadron pesawat tanpa awak atau drone.

Danlanud Anang Busra Tarakan, Kolonel Pnb Somad, mengatakan bahwa pembangunan hanggar skuadron pesawat tanpa awak direncanakan akan rampung tahun ini.

“Kita sudah mulai ditargetkan tahun ini sudah selesai dan akan ditindak lanjuti untuk di datangkan pesawat tanpa awak termasuk personil yang akan mengoperasikan dan merawat pesawat tersebut” ujarnya.

Pembangunan hanggar skuadron pesawat tanpa awak ini dilakukan agar Kalimantan Utara memiliki  kemampuan, kekuatan yaitu skuadron udara pesawat tanpa awak.

“Hanggar pesawat nantinya mampu menampung maksimal 3 pesawat dan optimalnya 2 pesawat walaupun 1 pesawat saja sudah cukup apalagi hingga 3 pesawat tanpa awak” terangnya

Pesawat tanpa awak ini berbeda dengan pesawat lainnya karena memiliki spesifikasi khusus dalam operasional sesuai dengan kemampuan seperti ketinggian, jarak tempuh, patroli udara, dan kegaitan lainnya. “Skuadron udara pesawat tanpa awak ini bisa mengawadahi dan mengcover patroli wilayah udara  Kalimantan Utara khususnya,” tutupnya. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here