Gubernur Apresiasi Langkah Perusahaan Membantu Pemerintah Tangani Covid-19

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengapresiasi langkah perusahaan di Kaltara yang ikut berkontribusi dalam melakukan penanganan Covid-19.

Hal ini terbukti, ketika salah satu perusahaan yang beroperasi di provinsi termuda ini menghibahkan sebagian tabung oksigennya untuk keperluan medis kepada pemerintah.

“Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara, saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kontribusi perusahaan untuk kepentingan pengendalian Covid-19,” kata Gubernur saat menyerahkan tabung oksigen secara simbolis kepada Plt. Direktur Utama RSUD Tarakan, Kamis (29/7).

Bantuan tabung oksigen ini, merupakan bantuan dari PT Kayan Putra Utama Coal (KPUC). Yang mana, sebanyak 20 tabung oksigen tersebut diperuntukan bagi kebutuhan medis di RSUD Tarakan dan RSAL Tarakan, khususnya bagi pasien yang mengalami gangguan pernafasan seperti pasien Covid-19.

Untuk diketahui, terus meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kaltara saat ini membuat persediaan kebutuhan oksigen di dua rumah sakit di Tarakan itu semakin menipis.

Gubernur menjelaskan, dari 20 tabung oksigen yang dihibahkan setiap tabungnya memiliki kapasitas 6 kubik. Artinya, dalam sebulan PT KPUC membantu kebutuhan oksigen di seluruh rumah sakit di Kaltara sebanyak 3.600 kubik.

Gubernur berpesan, bagi seluruh bupati dan wali kota di Kaltara yang rumah sakitnya membutuhkan pasokan oksigen, dapat membawanya ke Tarakan untuk dilakukan pengisian di PT KPUC.

“Jadi, kalau mau bantuan oksigen dan di daerahnya ada tabung yang kosong, silahkan datang untuk mengisi di PT KPUC. Karena batuan ini akan dilakukan secara berkesinambungan,” tegas Gubernur.

Gubernur berharap langkah perusahaan ini dapat menginspirasi perusahaan lainnya untuk saling membantu dalam penanganan Covid-19 di Kaltara. Terlebih lagi dalam kondisi yang cukup darurat lantaran kasus terkonfirmasi positif kian meningkat.

“Saya juga doakan, apa yang dilakukan pemilik perusahaan ini dapat menjadi amal ibadahnya kelak,” harapnya.

Sementara itu, pemilik perusahaan PT KPUC, Juanda Lesmana menambahkan, 20 dari 50 tabung oksigen yang dihibahkan ini akan disebar diseluruh rumah sakit di Kaltara. Terkait teknis pembagiannya, nanti akan ada tim lain yang mengatur.

“Kita akan lihat dari kebutuhan tabung yang ada di setiap daerah, tapi nanti ada tim yang mengatur semua itu, yang jelas di daerah mana saja yang butuh akan kita kasih, begitu juga kalau di daerah ada tabung yang kosong bisa kita isikan,” bebernya.

Plt. Direktur RSUD Tarakan dr. Frangky Sientoro sangat berterima kasih atas bantuan tabung oksigen yang di berikan oleh pengusaha PT KPUC melalui Gubernur Kaltara.

“Hari ini kita terima bantuan sebanyak 12 tabung yang di ke RSUD 6 tabung dan RSAL 6 tabung. Tapi kita dijanjikan akan terima tabung oksigen sebanyak 20 tabung perharinya. Hal ini sangat membantu serta meringankan kami dalam menghadapi kekurangan oksigen sehingga kami harus bersyukur untuk bantuan ini,” kata dr. Frangky.

Ia menyebutkan, bantuan oksigen saat ini merupakan kebutuhan utama dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Dalam menghadapi masalah pada saat Covid-19 ini kan kebutuhan yang paling utama oksigen. Sedangkan untuk obat-obatan dan kebutuhan lainnya kami masih cukup dan masih tersedia,” tutupnya. (adpim)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here