Karang Taruna Tarakan Usulkan Program Satu RT, Satu Rumah

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Untuk menjamin kebutuhan makanan dan obat – obatan serta vitamin bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri atau Isoman, Ketua terpilih Karang Taruna Kota Tarakan Roniansyah,SKM berharap ada program satu Rukun Tetangga (RT) satu dapur umum di lingkungan RT masing – masing.

“Dapur umum ini sekaligus memberdayakan warung, kafe, rumah makan dan UMKM yang terdampak PPKM darurat,” jelasnya, Jumat (30/7/2021).

Menurutnya, program satu RT satu dapur umum dengan konsep gotong royong merupakan solusi yang efektif dan manfaatnya langsung dirasakan masyarakat yang terpapar Covid 19.

“Warung, kafe, rumah makan dan UMKM yang terdampak pemberlakuan PPKM darurat, diberdayakan untuk dijadikan sentra dapur umum di setiap lingkungan RT,” urainya.

Untuk mendukung program satu RT satu dapur umum diharapkan ada kerja sama dengan pihak perusahaan, perbankan, pengusaha dan komunitas sebagai donatur yang berada di lingkungan RT masing – masing.

“Karena program tersebut berkaitan dengan RT, mungkin domainnya FKKRT sebagai forum yang mewadahi RT se Kota Tarakan untuk membuat dapur umum di tiap RT di lingkungan masing – masing jika memungkinkan dan bagian dari kebutuhan prioritas,” tuturnya.

“Pandemi Covid 19 mengajarkan kita semua bahwa membangun semangat gotong royong dalam satu perasaan harus dibangun dalam situasi ini dengan rasa solidaritas yang tinggi melalui kemitraan dan tanggung jawab sosial seluruh pihak,” tambah Roniansyah.

Ia menambahkan ke depan dapur umum ini tidak hanya digunakan saat pandemi Covid 19, melainkan dapat digunakan saat terjadi bencana alam atau hal hal krusial lainnya. (kt1)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here