Kunjungi Malinau, Hasan Basri Beberkan Potensi Produk Unggulan Daerah

Hasan Basri didampingi Bupati Malinau dan Ketua DPRD Malinau saat membatik dalam kunjungan kerjanya, kemarin.

KAYANTARA.COM, MALINAU – Anggota Komite III DPD RI, Hasan Basri menghadiri puncak peringatan Hari kesatuan gerak (HKG) PKK ke–49 dan Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Malinau Tahun 2021, Kamis (14/10/2021).

Hadir pula Bupati Malinau Wempi W. Mawa, Wakil Bupati Jakaria, Ketua DPRD Malinau Ping Ding, beserta jajaran.

Dalam keterangan persnya, Hasan Basri menyampaikan beberapa capaian program yang telah dihasilkan selama ini. Hal demikian tidak terlepas dari dukungan seluruh jajaran Tim Penggerak PKK Malinau.

Pimpinan PURT DPD RI asal Kalimantan Utara (Kaltara) ini berharap peringatan HKG PKK ke-49 dan Jambore Kader PKK yang dilaksanakan setiap tahunnya, hendaknya bukan hanya menjadi kegiatan rutin tahunan, tetapi sebagai momentum menumbuhkan semangat melakukan inovasi dan kreativitas dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Peringatannya memberikan penegasan bahwa gerakan peringatan HKG PKK ke-49 dan Jambore Kader PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

Pelaksanaan peringatan Peringatan HKG PKK ke-49 dan Jambore Kader PKK mengusung tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju” dan sub tema “Dengan Semangat HKG Ke-49 dan Jambore Kader PKK Kita Tingkatkan Produk Unggulan Daerah”.

“Oleh karena itu hendaknya kader PKK tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup. Selain itu kami mendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan produk unggulan daerah sehingga muncul lebih banyak local champion di tanah air,” papar Hasan Basri

Dalam kesempatan yang sama, untuk mendukung produk unggulan daerah, Hasan Basri membeli produk-produk PKK, seperti batik, dan lukisan-lukisan yang terbuat batu dan pasir Malinau.

Menurutnya, produk unggulan di Malinau merupakan salah satu potensi yang harus didukung dan dikembangkan.

“Kami siap memperjuangkan agar Kab. Malinau dapat ikut tampil pada acara even-even nasional di DPD RI,” lanjut HB

Hasan Basri menyampaikan apresiasi kegiatan yang dilaksanakan, banyak yang kita petik dalam acara tersebut untuk di lakukan di daerah kita.

Pemerintah akan terus hadir dan bersinergi dengan PKK, karena PKK salah satu ujung tombak roda pemerintahan.

Untuk itu perlu pembinaan yang terus menerus secara berjenjang agar seluruh anggota dan pengurus PKK mampu melaksanakan program kerja PKK sebagaimana yang telah diprogramkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Lebih lanjut Hasan Basri Kaltara khususnya kabupaten memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, baik sumber energi fosil maupun energi terbarukan.

“Saya melihat daerah perbatasan seperti Kaltara memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Untuk mendukung peluang ini, dibutuhkan kerja sama yang sinergis antar daerah. Kaltara memiliki potensi batu bara, emas, minyak, dan gas dalam jumlah besar. Tambang emasnya menghasilkan lebih kurang 2 juta ton emas setiap tahun, yang bisa dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),” sebut Hasan Basri.

“Bahkan sejak tahun 2017 sungai yang berada di Kabupaten Nunukan dan Malinau juga sudah mendapat investor, yakni PT. Kalimantan Electric City. Perusahaan ini membeli lebih kurang 3.000 megawatt,” demikian Hasan Basri. (mediaHB)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here