Kunjungan Presiden Jokowi dan Para Dubes jadi Kado HUT Kaltara

Gubernur saat menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Tarakan.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kehadiran Presiden RI Joko Widodo untuk kelima kalinya di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Selasa (19/10/2021), begitu istimewa.

Dalam kunjungannya itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, serta para duta besar (dubes) dari sejumlah negara eropa dan Asia maupun perwakilan Bank Dunia.

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini disambut hangat dengan penuh sukacita oleh Gubernur Drs H. Zainal A.Paliwang, SH, M.Hum beserta jajarannya di lingkungan Pemprov. Dan masyarakat Kaltara pada umumnya.

Sebab, dalam beberapa hari ke depan, provinsi bungsu di Tanah Air ini akan merayakan hari jadinya ke-9 tahun. Tepatnya 25 Oktober 2021.

“Kami sangat terhormat menjadi tujuan kunjungan kerja menteri dan duta besar serta perwakilan bank dunia di bulan ini. Kehadiran duta besar, menteri dan Presiden Republik Indonesia kali ini, adalah hadiah dalam rangkaian HUT Kalimantan Utara ke-9 yang akan diperingati tanggal 25 Oktober nanti,” kata Gubernur dalam sambutannya pada acara ramah tamah di Kota Tarakan, Senin (18/10/2021) malam tadi.

Gubernur menuturkan, melalui visinya,  yaitu mewujudkan Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera, provinsi yang dihuni satu kota dan empat kabupaten ini sangat memperhatikan peningkatan kualitas perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

“Kami sangat menghargai dan mendukung kebijakan Kementerian LHK RI, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) RI yang akan melakukan penanaman bibit pohon mangrove di Desa Bebatu, Kabupaten Tana Tidung,” ujarnya.

Lanjut Gubernur, dengan menyajikan kekayaan alam yang dimiliki, Kaltara menurutnya, punya banyak potensi.

Kaltara, masih kata Gubernur, saat ini tengah menjaga dan membuka peluang investasi dalam aspek energi baru terbarukan.

“Dengan potensi energi sungai kayan yang sangat besar, saat ini kami bersiap untuk mendukung program “green industrial park”, wilayah industri yang output productnya adalah green product dan energi yang digunakan adalah green energy,” paparnya.

Dengan peluang investasi itu, ia memastikan Kaltara akan mampu membawa masyarakatnya lebih dekat.

“Kalimantan Utara adalah rumah kami. Yang berarti setiap lapisan masyarakat Kalimantan Utara, dan siapapun yang mengunjungi Kalimantan Utara adalah keluarga,” cetusnya.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat datang di Kaltara, negara indah yang memiliki keanekaragaman etik dan budaya, serta kekayaan alam yang berkah. Semoga dengan kehadiran kalian semua, dapat mempercepat pencapaian visi dan misi Kaltara yaitu Berubah, Maju, Sejahtera,” demikian Gubernur.

Adapun para duta besar yang turut hadir dalam rangkaian kunjungan kerja Presiden Jokowi dan Menteri LHK di Kaltara itu adalah Belanda, Jerman, Inggris, Italia, Finlandia, Prancis, Swedia, Cheko, Korea Selatan, dan Jepang.  (dkisp-kaltara)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here