Berbagi Rasa, Robusta Malinau akan Diperkenalkan di HUT Kaltara

Salah satu peserta lomba seduh kopi Manual Brew saat tampil di final Kaltara Menyeduh Jilid 2 dengan menggunakan kopi Robusta Malinau

.

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – alam menyambut Hari Jadi Provinsi Kalimantan Utara ke-9 pada 25 Oktober nanti, salah seorang pegiat kopi di Kaltara, Khaeruddin Elang Geo bakal ‘berbagi rasa’ dengan membagikan 100 cup kopi Robusta Malinau.

Kegiatan berbagi rasa ini sebagai salah satu cara pegiat kopi di Kaltara dalam memperkenalkan kopi lokal ke masyarakat.

“Sehingga kopi lokal kita khususnya Robusta Malinau ini bisa diterima dulu oleh masyarakat lokal yang ada di Kaltara,” kata pria yang karib disapa Elang Geo ini saat ditemui Kayantara.co 21/10/21.

Pria yang pernah meraih juara 1 lomba seduh kopi Manual Brew, Grobogan Coffee Event di Purwodadi, Jawa Tengah ini melanjutkan, sejauh ini masyarakat Kaltara belum banyak yang mengetahui bahkan mencicipi Robusta Malinau.

“Ya kita sadari karena para penikmat kopi di Kaltara lebih banyak mengonsumsi kopi luar semacam Aceh Gayo, Toraja, Temanggung,” sebutnya.

Apalagi, kata owner Kedai Kopi Coffeesommia ini, perkembangan kopi sejauh ini sudah mulai maju baik dari segi konsep, peralatan dan produk.

Sehingga, menurut dia, kedai-kedai kopi dan para pemilik cafe lebih cenderung menggunakan kopi-kopi luar yang sudah jelas pengelolaannya. Baik dari sisi kualitas maupun kuantitas karena arahnya sudah ke bisnis.

“Tentu ada resiko ya, kalau pakai kopi lokal. Karena proses pasca panennya belum maksimal. Dan bicara kopi pasti bicara rasa,” ujarnya.

“Di bisnis kopi saat ini mulai dari panen hingga diracik pun sudah tidak bisa lagi menggunakan cara tradisional,” sambungnya

Oleh karena itu, kata Elang Geo, kualitas kopi sangat menentukan. Semua stakeholder baik dari pelaku di hulu maupun hilir serta pemerintah daerah harus bersinergi agar kopi lokal bisa menjadi tuan di daerahnya, yakni Kalimantan Utara.

Ditambahkan juga oleh pria yang juga menjadi salah satu juri saat lomba seduh kopi Manual Brew Kaltara Menyeduh Jilid 2 belum lama ini, Robusta Malinau saat ini secara perlahan sedang diperkenalkan ke masyarakat.

“Salah satunya diperlombakan dengan menghadirkan juri nasional dan lokal pada even Kaltara Menyeduh Jilid 2,” bebernya.

“Semoga kopi Robusta Malinau ini bisa menambah varian rasa dan bisa dikenal oleh orang luar,” harapnya.

Adapun kegiatan berbagi rasa 100 cup kopi Robusta Malinau pekan depan dalam rangka HUT Kaltara, biji kopi sudah dipesan langsung dari Malinau serta disuguhkna dalam bentuk kopi hitam dan kopi susu kekinian.

“Akan kami bagi dua nantinya dalam bentuk kopi hitam dan kopi susu. Supaya masyarakat bisa membandingkan dan menikmatinya,” pungkasnya. (*/keg)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here