Bapas Tarakan Gelar Pembinaan Kemandirian Pelatihan Las Listrik Bagi Klien Pemasyarakatan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Keseriusan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan dalam membentuk manusia yang terampil, berkarakter, mandiri dan produktif terus dilakukan.

Salah satu melalui pelatihan pembinaan kemandirian Las listrik bagi klien Pemasyarakatan.

Kepala Bapas Kelas II Tarakan, Andik Dwi Saputro mengatakan kegiatan Pelatihan ini diikuti sebanyak 12 klien dengan berbagai program bimbingan kemandirian yang diadakan bertujuan membuka peluang bagi klien agar bisa berdaya dengan berbekal pada softskill yang dibutuhkan salah satunya pembinaan kemandirian las listrik.

“Kegiatan ini bekerja sama dengan dengan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (POKMAS LIPAS) dan dilaksnakan di Bapas Tarakan selama enam hari dengan metode pemberian materi, dan praktek langsung dilapangan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman,” ujarnya.

Andik menjelaskan bahwa pada saat pelaksanaan pembukaan pelatihan, klien pemasyarakatan yang mengikuti kegiatan pelatihan las listrik sangat antusias.

“Para peserta sangat antusian mengikuti pelatiahan ini, saya berharap kegiatan ini dapat menambah ketampilan yang baik sehingga mudah mendapatkan pekerjaan ataupun berwirausaha membuka bengkel las,” ucapnya.

Sebelumnya, Bapas Tarakan juga menerapkan bimbingan keterampilan membatik kepada klien pemasyarakatan. “Selain pelatihan ini, kami juga pernah melaksanakan program bimbingan kemandirian berupa membatik”terangnya. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here