Kejar Pembangunan Berkelanjutan, Pemprov Gelar Bimtek Penyusunan Renaksi Daerah dan SDGs

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) mengadakan sebuah acara berbentuk bimbingan teknis mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) dalam meningkatkan kapasitas pengelolaan data Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari di Hotel Lominor ini merupakan buah kerja sama dengan Deutsce Gesellshaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Dalam kesempatannya, Bertius selaku Sekretaris Bappeda-Litbang memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini menyampaikan bahwa bimbingan teknis tersebut merupakan bentuk implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2017, yaitu pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan.

“Kalau dilihat dari Perpres Nomor 59 Tahun 2017, sesungguhnya kami mohon izin untuk mengusulkan kepada Sekretariat Nasional untuk ditinjau kembali agar sejalan dengan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, red) 2020-2024,” jelas Bertius dalam sambutan tersebut pada Rabu (17/11).

Ia menjelaskan bahwa perpres tersebut masih mengacu pada penyelarasan terhadap RPJMN 2015-2019 sehingga butuh adanya peninjauan kembali.

Selain itu, melihat pentingnya kegiatan tersebut ia berharap para peserta yang terdiri dari perwakilan Bappeda-Litbang dari lima kabupaten/kota di Kaltara ini dapat mengikuti kegiatan dengan serius serta memberikan kontribusi bersama dalam pembangunan melalui pemahaman penyusunan rencana aksi daerah secara maksimal.

“Kami berharap teman-teman yang ikut dalam kegiatan ini dapat mengikuti dengan serius. Ini adalah kegiatan teknis yang sangat penting, yakni Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Aksi Daerah dan juga Penyusulan Laporan Tahunan SGDs,” pungkasnya. (dkisp-kaltara)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here