Raih Juara Pertama Bidang Cipta Lagu, Adinda Rahmadhani Harumkan Nama Kaltara

Raih Juara Pertama  Bidang Cipta Lagu, Adinda Rahmadhani Harumkan Nama Kaltara

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltar) khususnya Kota Tarakan kembali menoreh prestasi dari salah seorang pelajarnya. Ia adalah Adinda Rahmadhani, pelajar SMA Muhammadiyah Tarakan.

Siswi kelas tiga SMA ini menoreh prestasi juara pertama FLS2N Bidang Cipta Lagu Tingkat Provinsi yang digelar pada Juni lalu oleh Pusat Prestasi Nasional, yang kemudian melanjutkan persaingannya di tahap nasional secara daring.

Dinda, sapaan akrabnya, menuturkan alasan mengikuti lomba tersebut karena dorongan sekolahnya yang menetapkan ia sebagai perwakilan. Baginya menciptakan lagu sendiri merupakan pengalaman pertamanya.

“Maka, suatu tantangan bagi Dinda untuk dapat  menggarap sesuatu yang belum pernah saya lalui sebelumnya, dan sebagai ajang mengasah kemampuannya lebih dan jauh melampaui zonanya, terutama dalam daya cipta lagu,” ungkapnya kepada Kayantara.com, Kamis (25/11/2021).

Wanita berparis cantik berusia 18 tahun itu juga menerangkan, bahwa butuh waktu sekitar dua minggu untuk menelaah lirik dan nada.

Kemudian ia konsultasikan kepada guru pembimbingnya sehingga menghasilkan lirik dan nada yang selaras dengan rasa para pendengarnya.

“Saya habiskan waktu sekitar dua minggu untuk mencari lirik beserta makna dan nadanya, yang saya garap sendiri di dalam hutan, karena hutan layaknya ruang damai,” ujarnya.

Dua rekan Dinda pun ikut terlibat dalam penggarapan cipta lagu ini, seorang teman sebagai gitaris dan seorang lagi sebagai vokalis yang menyuarakan lagu ciptaan Dinda hingga sampai dan menggerakkan jiwa pendengarnya. 

Bahkan seorang gitaris dari sekolah yang sama yang turut dalam penggarapan lagu ciptaan Dinda pun menoreh prestasi bagi Kaltara, ia menyandang Juara 1 FLS2N Bidang Gitar Solo Tingkat Provinsi. Ia adalah Subhan Abdul Fatir Kurniawan.

Sehingga dua muda-mudi ini sebagai perwakilan Tarakan dalam bidangnya masing-masing diundang langsung oleh Gubernur Kaltara, Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum, untuk menghadiri acara penghargaan lomba siswa berprestasi pemenang lomba-lomba Jenjang SMA/MA tingkat Provinsi Kaltara 2021 yang diselenggarakan di Kabupaten Nunukan pada 20 November lalu, sekaligus membubuhkan medali emas pada para juara 1 tingkat provinsi yang akan melanjutkan persaingan ke tahap nasional.

Acara tersebut juga menghadirkan Bupati Kabupaten Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, SE dan Ir. H. Paridil, SE.

Lagu yang diperlombakan oleh Dinda akan dibedah dan di garap kembali oleh Band Lokal.

Tidak berhenti di perlombaan ini saja, Dinda kembali menegaskan bahwa ia akan kembali menggarap suatu karya berupa lagu yang ditujukannya sebagai penyampai pesan, untuk menyuarakan kembali kekalutannya.

Bukan hanya kali ini saja, Dinda juga kerap mengikuti dan menoreh prestasi dari ajang-ajang perlombaan akademik maupun non akademik yang diadakan baik tingkat kota, provinsi, maupun nasional.

Dan menariknya, Dinda punya karya tulisan, gadis belia ini acapkali memanifestasikan tulisannya dalam bentuk karya buku, berupa buku novel, antologi puisi maupun cerpen. Salah satu karya Dinda adalah buku berjudul “Agent Of Independent.” Dinda juga gemar mengisi kolom-kolom berita lokal dengan opini fenomenalnya. (kt1)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here