Ditemui Rachmawati Zainal, Arumi Bachsin Berbagi Pengalaman Kelola UKM

Ketua Dekranasda Kaltara, Rachmawati Zainal saat mendengarkan cerita pengalaman Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak dalam mengelola UKM.

KAYANTARA.COM, SURABAYA – Pada 1 Desember 2021, Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Utara mengunjungi Dekranasda Jawa Timur.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Dekranasda Kaltara, Rachmawati Zainal beserta rombongan disambut langsung oleh Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak.

Istri Wakil Gubernur Jatim itu mengungkapkan kedua provinsi ini memiliki tantangan yang berbeda.

Salah satunya kondisi geografis Kaltara. hal ini tentu tidak mudah dalam mengembangkan ekonomi.

“Ke Malang cuma satu jam, bahkan ke Solo dan Semarang dalam tiga jam. Itu sudah lintas provinsi, dan Kalimantan Utara saya yakin dari satu kabupaten kota butuh waktu lebih dari itu,” ujar mantan aktris ini.

Meski begitu, Arumi menyebutkan Dekranasda Jatim juga memiliki tantangan serius, salah satunya dari faktor jumlah penduduk.

Diketahui, jumlah penduduk Jatim merupakan terbesar kedua setelah Jawa Barat di Indonesia. Yaitu berjumlah 40 juta penduduk.

“Artinya kami di sini (Jatim) semakin banyak kepala maka semakin banyak pula keinginan yang harus dipenuhi,” katanya.

Di samping itu, Arumi mengucapkan terima kasihnya kepada Ketua Dekranasda Kaltara yang telah memilih Jatim sebagai tempat untuk menimba ilmu terkait Usaha Kecil Menengah (UKM).

Sebagai sentra UKM terbesar Indonesia, Jatim aktif melakukan pendampingan. Salah satunya melalui klinik UKM.

“Melalui klinik UKM kita berusaha pelayanan satu pintu untuk para pengusaha pemula yang sudah berjalan, dan butuh banyak masukan. Kita melakukan pembimbingan dan memberi fasilitasi apa yang harus dipenuhi,” ujarnya.

Sementara Rachmawati Zainal mengungkapkan Kaltara di usianya ke sembilan tahun masih banyak ketertinggalan. Sehingga banyak perlu belajar dari provinsi yang lebih maju terutama di Pulau Jawa.

“Namun itu tidak menyurutkan semangat kami dalam mengejar ketertinggalan dengan provinsi lainnya yang sudah maju,” ujar Rachmawati.

“Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus mendorong perekonomian daerah, kami Dekranasda Kaltara ingin menimbah ilmu kepada Dekranasda Jawa Timur yang sudah lebih berpengalaman membina dan mengembangkan potensi daerahnya, khususnya dibidang kerajinan. Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi,” sambung istri Gubernur Zainal A.Paliwang ini.

Dalam momentum itu, Rachmawati Zainal mengajak Ketua Dekranasda Jatim untuk membalas kunjungannya ke Benuanta Kaltara. (dkisp.kaltara)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here